WACANA INTERAKSI KELAS: ANALISIS KRITIS DARI ASPEK DIMENSI SOSIAL

Nurhayati, Nurhayati (2010) WACANA INTERAKSI KELAS: ANALISIS KRITIS DARI ASPEK DIMENSI SOSIAL. JURNAL FORUM KEPENDIDIKAN, 27 (2). ISSN 0215-9392

[img]
Preview
Text
WACANA_INTERAKSI_KELAS_ANALISIS_KRITIS_DARI_ASPEK_DIMENSI_SOSIAL.pdf

Download (213kB) | Preview
Official URL: http://eprints.unsri.ac.id

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dimensi sosial yang terjadi dalam wacana interaksi kelas di kelas V SD Jatinegara Kaum 05 Pagi Pulo Gadung Jakarta Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang lebih ditekankan pada etnografis yang mengandung unsur-unsur sentral yaitu peneliti mendeskripsikan format keseluruhan data yang diperoleh, lalu menganalisisnya, dan memberikan interpretasi terhadapnya. Hasil penelitian menunjukkan adanya sejumlah praktik sosial yang menggambarkan adanya hegemoni guru terhadap siswa. Terdapat pula praktik pemunculan otoritas guru baik sebagai pengatur disiplin maupun sebagai pemberi materi. Ada pula dominasi guru di dalam kelas dan juga guru menjadi orang yang serba tahu. Terdapat pula ketidakkonsistenan guru dalam praktik perilakunya di depan kelas. Di satu sisi guru menginginkan jawaban yang mendalam ketika siswa menjawab pertanyaan di sisi lain guru menunjukkan ketidaksabarannya menunggu siswa menjawab. Sementara itu, terdapat perubahan perilaku pada pertengahan proses pembelajaran. Guru mengubah fungsinya dalam koridor paradigma konvensional ke paradigma nonkonvensional.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: wacana, interaksi kelas, dimensi sosial
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races
L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: backup admin
Date Deposited: 29 Jan 2020 04:20
Last Modified: 29 Jan 2020 04:20
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/25461

Actions (login required)

View Item View Item