Analisis Penuaan Isolasi Belitan Transformator Distribusi Ditinjau dari Fluktuasi Beban

Suparlan, Muhammad (2010) Analisis Penuaan Isolasi Belitan Transformator Distribusi Ditinjau dari Fluktuasi Beban. JURNAL REKAYASA SRIWIJAYA, 19 (3). pp. 13-18. ISSN 0852-5366

[thumbnail of jurnal_nopember_2010.pdf]
Preview
Text
jurnal_nopember_2010.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of analisis_penuaan_isolasi_Belitan_Transformator_Distribusi_ditinjau_dari_Fluktuasi_Beban.pdf]
Preview
Text
analisis_penuaan_isolasi_Belitan_Transformator_Distribusi_ditinjau_dari_Fluktuasi_Beban.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Transformator (trafo) adalah peralatan statis yang berdasarkan pada prinsip induksi elektromagnetik, mentransfromasikan tegangan dan arus bolak balik (ac), antara dua belitan atau lebih pada frekuensi yang sama besar. Transformator yang digunakan untuk memurnikan tegangan (20 kv menjadi 400 volt) disebut dengan transformator Step-down atau Transformator Distribusi. Sebaliknya, transformator yang digunakan untuk menaikkan tegangan (3,6 kv menjadi 150 kv) disebut dengan Transformator Step ? up atau disebut Transformator daya. Dalam operasi transformator distribusi pada saat ? saat tertentu mengalami pembebanan lebih (overload) makin sering dan makin lama waktu pembebanan lebih yang dialami oleh transformator maka umur pakai (life-time) akan berkurang dari umur pakai normalnya, besarnya suhu titik panas (hot-spot) yang melebihi nilai yang diizinkan akan berpengaruh terhadap umur pakai transformator distribusi tersebut.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Ultimate temperatur, overload, hot spotwinding, life time
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1-9971 Electrical engineering. Electronics. Nuclear engineering > TK1 Electrical engineering--Periodicals. Automatic control--Periodicals. Computer science--Periodicals. Information technology--Periodicals. Automatic control. Computer science. Electrical engineering. Information technology.
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 20201-Electrical Engineering (S1)
Depositing User: backup admin
Date Deposited: 23 Jan 2020 07:56
Last Modified: 23 Jan 2020 07:56
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/25487

Actions (login required)

View Item View Item