Pembelajaran dan Silabus Membaca Komunikatif

Subadiyono, Subadiyono (2010) Pembelajaran dan Silabus Membaca Komunikatif. Wawasan Kependidikan: Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah Kependidikan (1). pp. 22-32. ISSN 1410-8054

[thumbnail of Cover_5.pdf]
Preview
Text
Cover_5.pdf

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of Isi_2.pdf]
Preview
Text
Isi_2.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Artikel ini berusaha menjelaskan bahwa pembelajaran membaca dapat saja dilaksanakan secara komunikatif. Membaca yang dilakukan dengan menggauli informasi dari berbagai-bagai jenis teks, baik yang berstruktur sederhana mahupun yang rumit, mengenai berbagai-bagai pokok masalah yang ditelaah dalam program studi tersebut. Tujuannya untuk memperoleh kesan umum atau informasi khusus yang diperlukan ataupun untuk mengapresiasi teks. Untuk itu terdapat tiga dasar wilayah skema yang berperan dalam kegiatan membaca, iaitu skema linguistik, skema isi, dan skema formal. Model pembelajaran yang dapat ditempuh yaitu dengan cara: 1) menyediakan waktu baca aktual, 2) memberikan instruksi arahan, 3) belajar berpasangan dan berkolaborasi, dan 4) membicarakan yang dibaca

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: membaca komunikatif, model pembelajaran, teks
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P1-1091 Philology. Linguistics
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: backup admin
Date Deposited: 27 Jan 2020 06:43
Last Modified: 27 Jan 2020 06:43
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/25513

Actions (login required)

View Item View Item