E-GOVERNMENT DEVELOPMENT: ? Tinjauan Fundametalis Teknologi dan Inovasi Birokrasi dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik?

Lionardo, Andries (2009) E-GOVERNMENT DEVELOPMENT: ? Tinjauan Fundametalis Teknologi dan Inovasi Birokrasi dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik? Prosiding SENTIA 2009. pp. 1-6. ISSN 9772085234007

[thumbnail of cover_5.pdf]
Preview
Text
cover_5.pdf

Download (841kB) | Preview
[thumbnail of isi_2.pdf]
Preview
Text
isi_2.pdf

Download (848kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan sangatlah tergantung pada kinerja birokrasi. Birokrasi merupakan mesin pelayanan yang harus produkrif dalam melayani masyarakat sebagai kontituenya. Secara fungsional, birokrasi memiliki tiga fungsi utama yaitu fungsi pembangunan, pemberdayaan dan pelayanan publik. Dalam memenuhi fungsinya tersebut, setidaknya birokrasi yang dibutuhkan saat ini adalah birokrasi yang rasional, responsif, cepat dan akuntabel terhadap tuntutan publik. Apalagi pada saat ini bangsa Indonesia telah memasuki peradaban pembangunan yang demokratik. Birokrasi haruslah transformatif dalam mengaktualisasikan peranannya tersebut. Dalam rangka meningkatkan peran dan sekaligus output dari kinerja birokrasi tersebut diperlukan sebuah inovasi teknologi melalui e-government. Dalam perspektif ini e-government harus dimaknai sebagai instrumen kebijakan pelayanan publik melalui informasi teknologi yang dapat mendistribusikan keinginan masyarakat dalam catchment area yang tak terbatas. Apabila pemerintah mampu mewujudkan gagasan ini, maka akan berdampak langsung pada kualitas pelayanan publik yang diberikan pada saat ini dan mendatang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: E-Government,Birokrasi,Kualitas Pelayanan publik
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance
Divisions: 07-Faculty of Social and Politic Science > 63201-State Administration (S1)
Depositing User: backup admin
Date Deposited: 24 Jan 2020 03:13
Last Modified: 24 Jan 2020 03:13
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/25674

Actions (login required)

View Item View Item