Peningkatan Kuantitas Team Teaching Mata Kuliah Mekanika Melalui Kegiatan Lesson Study Pada Prodi Pendidikan Fisika

Murniati, Murniati and Muslim, Muhammad (2010) Peningkatan Kuantitas Team Teaching Mata Kuliah Mekanika Melalui Kegiatan Lesson Study Pada Prodi Pendidikan Fisika. Forum MIPA, 13 (1). ISSN 1410-1262

[img]
Preview
Text
Cover_3.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Isi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Team Teaching merupakan salah satu bentuk pengajaran yang dilaksanakan oleh lebih dari satu orang dosen. Pelaksanaan team teaching di Perguruan tinggi sudah lazim dilaksanakan dengan dua versi yaitu melaksanakan perkuliahan secara bersama untuk satu semester dan ada juga yang dilaksanakan secara bergantian selama satu semester. Berdasarkan aturan Ekivalensi Wajib Mengajar Penuh (EWMP) bila dosen tersebut melaksanakan perkuliahan secara bersama selama satu semester maka kredit poin untuk semua dosen team sama nilainya tapi bila team melaksanakan secara bergantian maka kredit poin untuk setiap dosen dapat setengahnya. Dengan Lesson Study karena pengajaran dilakukan secara bersama sama maka semua dosen mendapat kredit poin penuh. Lesson Study merupakan suatu upaya pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun learning community. Lesson Study dilakukan berdasarkan tahapan tahapan secara siklik, yang terdiri dari : (1) perencanaan (plan); (2) pelaksanaan (do); (3) refleksi (check); dan tindak lanjut (act). Dari hasil pelaksanaan lesson study pada mata kuliah mekanika dapat disampaikan jumlah pertemuan untuk satu kali tatap muka ada tiga kali pertemuan : (1) pertemuan untuk merencanakan persiapan pembelajaran, kedua pelaksanaan dan diskusi tentang jalannya perkuliahan (reflesi) untuk melihat kelemahan. Hal serupa dilakukan untuk topic topic berikutnya. Hasil kerja team teaching untuk dapat menyajikan perkuliahan secara maksima dalam hal perencanaan, pelaksanaan dan menganalisis kendala kendala apa yang ditemui mahasiswa ketika mengikuti proses perkuliahan dan memikirkan apa solusi untuk mengurangi kendala tersebut. (2) Membangun sebuah team yang saling terbuka untuk diberi masukan dan kritik demi meningkatkan kualitas perkuliahan sehingga dapat menjadi dosen yang professional

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Team teaching, lesson study, plan, do, check, act
Subjects: Q Science > QP Physiology
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: backup admin
Date Deposited: 28 Jan 2020 09:38
Last Modified: 28 Jan 2020 09:38
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/26126

Actions (login required)

View Item View Item