UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN PENGAMATAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 39 PALEMBANG

AMALIA, TRISNA and Puspita, Linda and Pulungan, Marwan (2018) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN PENGAMATAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 39 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_ 86206_ 06131281419033_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_ 86206_ 06131281419033_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (824kB)
[thumbnail of RAMA_ 86206_ 06131281419033_02.pdf] Text
RAMA_ 86206_ 06131281419033_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (393kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_ 86206_ 06131281419033_03.pdf] Text
RAMA_ 86206_ 06131281419033_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (515kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_ 86206_ 06131281419033_04.pdf] Text
RAMA_ 86206_ 06131281419033_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_ 86206_ 06131281419033_05.pdf] Text
RAMA_ 86206_ 06131281419033_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (113kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_ 86206_ 06131281419033_06_ref.pdf] Text
RAMA_ 86206_ 06131281419033_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (113kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_ 86206_ 06131281419033_07_lamp.pdf] Text
RAMA_ 86206_ 06131281419033_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis laporan pengamatan menggunakan model Project Based Learning pada siswa kelas VC SD Negeri 39 Palembang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes keterampilan menulis laporan pengamatan dan observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase hasil belajar siswa menulis laporan pengamatan mengalami peningkatan dengan ketuntantasan klasikal mencapai 64,51% pada siklus I menjadi 86,21% pada siklus II. Ketercapaian meningkat dari rata-rata 67,25 pada siklus I menjadi 78,27 pada siklus II. Hasil observasi aktivitas siswa mengalami peningkatan dengan ketuntasan klasikal 70,9% pada siklus I menjadi 83,2% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis laporan pengamatan di kelas VC SD Negeri 39 Palembang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Project Based Learning, keterampilan menulis laporan pengamatan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86206-Elementary Teacher Education (S1)
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2019 06:51
Last Modified: 26 Jul 2019 15:58
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/265

Actions (login required)

View Item View Item