OPTIMASI PERSEDIAAN HASIL PERKEBUNAN PADA TINGKAT SUPPLIER MENGGUNAKAN MODEL TRI LEVEL OPTIMIZATION DAN PEMROGRAMAN STOKASTIK : Laporan Penelitian Sateks Unsri 2019

Dewi, Novi Rustiana and Suprihatin, Bambang and Bidarti, Agustina (2019) OPTIMASI PERSEDIAAN HASIL PERKEBUNAN PADA TINGKAT SUPPLIER MENGGUNAKAN MODEL TRI LEVEL OPTIMIZATION DAN PEMROGRAMAN STOKASTIK : Laporan Penelitian Sateks Unsri 2019. Project Report. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Sriwijaya, Palembang.

[img]
Preview
Text
penelitian_1897_lapakh.pdf - Draft Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada penelitian ini dibahas permasalahan optimasi persediaan kelapa pada tingkat supplier menggunakan model Tri Level Optimization dan Pemrograman stokastik. Penelitian dilaksanakan pada supplier kelapa yang berlokasi di wilayah Sekanak kota Palembang. Kelapa yang tersedia didistribusikan kembali ke Jakarta, Padang dan Lampung. Permintaan kelapa setiap periode penjualan pada supplier ini tidak selalu sama, akibatnya terjadi kelebihan persediaan. Waktu tunggu antara pemesanan dan barang sampai ke konsumen (leadtime) tidak dapat ditentukan dengan pasti. Model persediaan deterministik tidak tepat digunakan pada permasalahan ini, oleh sebab itu pada penelitian ini digunakan model stokastik. Model Tri Level Optimization termasuk dalam pemodelan stokastik. Model Tri Level Optimization dan model stokastik adalah model persediaan yang meminimumkan total biaya sistem persediaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan jumlah pemesanan optimal kelapa yang dapat memenuhi permintaan konsumen dan jumlah persediaan dengan total biaya yang ditimbulkan minimum. Pada penelitian ini digunakan data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan selama 30 hari pencatatan. Data yang diperoleh disajikan dalam bentuk tabel. Analisis awal dilakukan untuk formulasi model Tri Level Optimization dan analisis yang kedua dilakukan dengan model stokastik. Penyelesaian model menggunakan software Lingo 13.0. Analisis akhir dilakukan untuk membandingkan hasil optimal yang diperoleh dengan model Tri Level Optimization dan model stokastik seperti yang disimpulkan oleh Total biaya yang diperoleh pada permasalahan optimasi persediaan kelapa menggunakan model trilevel optimization lebih minimum dibandingkan dengan hasil yang diperoleh menggunakan model stokastik. Menggunakan model trilevel optimization diperoleh total biaya sebesar Rp 37.216.000 dan model stokastik diperoleh total biaya sebesar Rp. 45.672.910.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General) > S539.5-542.3 Research. Experimentation
Divisions: 08-Faculty of Mathematics and Natural Science > 44201-Mathematics (S1)
Depositing User: Agustina Bidarti
Date Deposited: 21 Feb 2020 02:12
Last Modified: 21 Feb 2020 02:12
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/27562

Actions (login required)

View Item View Item