WORKSHOP PENULISAN DAN PENDAMPINGAN SERTA PENGEMBANGAN LAPORAN PENYULUH DAN TEKNIK MENULIS ARTIKEL ILMIAH BERBASIS ARCGIS BAGI TENAGA PENYULUH PERTANIAN SE-KABUPATEN OGAN KOMERING ULU TIMUR (OKUT) : Laporan Pengabdian Sainteks Unsri 2019

Bidarti, Agustina and Putri, Nurilla Elysa and Husin, Laila (2019) WORKSHOP PENULISAN DAN PENDAMPINGAN SERTA PENGEMBANGAN LAPORAN PENYULUH DAN TEKNIK MENULIS ARTIKEL ILMIAH BERBASIS ARCGIS BAGI TENAGA PENYULUH PERTANIAN SE-KABUPATEN OGAN KOMERING ULU TIMUR (OKUT) : Laporan Pengabdian Sainteks Unsri 2019. Project Report. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Sriwijaya, Palembang.

[thumbnail of pengabdian_71_lapakh.pdf]
Preview
Text
pengabdian_71_lapakh.pdf - Draft Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengabdian ini dirasakan penting sebagai solusi masalah tersebut dengan mengintroduksikan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta bahan ajar atau modul pelatihan untuk pengayaan sumber belajar ke peserta kegiatan ini. Latihan dan workshop ini diharapan mampu memiliki tujuan dalam memecahkan masalah pemberdayaan para penyuluh pertanian terhadap rendahnya profesi fungsional pertanian tenaga penyuluh pertanian se-kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKUT) sekaligus pendampingan dengan memberi mereka media untuk pengembangan keprofesional dalam wadah pembuatan laporan penyuluhan dan artikel ilmiah yang akan ditujukan untuk di publikasikan ke jurnal ilmiah dengan alat analisis dan pengetahuan data spasial berbasis ArcGIS. Pengabdian kepada Masyarakat dengan mitra penyuluh pertanian di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKUT) dalam meningkatkan profesional mereka dibagi dalam dua tahap pelaksanaan. Kegiatan pertama adalah pelatihan pembuatan laporan penyuluhan pertanian berbasis ArcGIS untuk peserta kegiatan. Selanjutnya pada kegiatan kedua dari peserta pelatihan ini akan diberikan juga teknik dan pembuatan penulisan artikel karya ilmiah berbasis ArcGIS dengan pembimbing dan pendampingan dari tim pengabdian untuk untuk dikembangkan dan dipublishkan dalam jurnal ilmiah. Pelaksanaan pengabdian dilakukan dengan mengkombinasikan metode workshop dan deskriptif analisis. Metode workshop adalah bentuk penyampaian introduksi kegiatan yang diberikan untuk membuat laporan penyuluhan dan penulisan artikel karya ilmiah untuk dikembangkan dan dipublishkan pada jurnal ilmiah ber-ISSN. Metode deskriptif analisis digunakan untuk membuat luaran kegiatan dalam bentuk makalah dan artikel dengan melakukan survey dan kuesioner yang diambil dari sampel peserta kegiatan. Ruang kegiatan luas akan dilakukan di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKUT) dengan lokasi kegiatan akan dipusatkan di Kecamatan Belitang III merupakan mitra inti kegiatan ini. Kegiatan pelaksanaan pengabdian ini dilaksanakan selama 8 bulan efektif, yakni dari pada bulan Mei 2019 – Desember 2019 sesuai dengan jangka waktu skema pengabdian Program Pengabdian Kepada Masyarakat Dana PNPB Universitas Sriwijaya. Berdasarkan kegiatan yang dilaksanakan memiliki beberapa hasil yang dicapai: (1) Kegiatan Tim Pengabdian ini telah membuka cakrawala kesadaran pemikiran para penyuluh pertanian BP3K Nusa Bakti Belitang III OKUT dalam membuat artikel karya ilmiah. (2) Kegiatan pengabdian ini sangat penting karena bisa meningkatkan kemampuan penulisan artikel ilmiah di kalangan penyuluh pertanian BP3K Nusa Bakti Belitang III OKUT secara baik dan benar. (3) Kegiatan pengabdian ini memberi pengetahuan dalam pedampingan penulisan artikel ilmiah berbasis Arcgis berdasar laporan penyuluhan di kalangan penyuluh pertanian BP3K Nusa Bakti Belitang III OKUT dengan memberi manfaat yang besar bagi mereka dalam memahami teknik pembuatan artikel ilmiah untuk dipublikasikan lebih lanjut.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General) > S21-400.5 Documents and other collections
Divisions: 05-Faculty of Agriculture > 54201-Agribusiness (S1)
Depositing User: Agustina Bidarti
Date Deposited: 21 Feb 2020 02:12
Last Modified: 21 Feb 2020 02:12
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/27565

Actions (login required)

View Item View Item