PENINGKATAN KETERAMPILAN DAN KESEMPATAN USAHA IBU-IBU PKK MELALUI PENINGKATAN MUTU VARIASI OLAHAN IKAN GABUS DI DESA MERANJAT II, OGAN ILIR, SUMATERA SELATAN : Laporan Pengabdian Mandiri 2013

Purbiati, Erni and Mulyana, Eka and Januarti, Indri and Bidarti, Agustina (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN DAN KESEMPATAN USAHA IBU-IBU PKK MELALUI PENINGKATAN MUTU VARIASI OLAHAN IKAN GABUS DI DESA MERANJAT II, OGAN ILIR, SUMATERA SELATAN : Laporan Pengabdian Mandiri 2013. Project Report. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Sriwijaya, Palembang.

[thumbnail of Pengabdian_Mandiri_2013.pdf]
Preview
Text
Pengabdian_Mandiri_2013.pdf - Draft Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (981kB) | Preview

Abstract

Pengabdian ini berjudul Peningkatan Keterampilan dan Kesempatan Usaha Ibu-Ibu PKK Melalui Peningkatan Mutu Variasi Olahan Ikan Gabus di Desa Meranjat II, Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan ibu-ibu PKK d di Desa Meranjat II, Ogan Ilir dalam rangka meningkatkan pendapatan keluarga. Dengan adanya penyuluhan mutu variasi olahan ikan gabus menjadi nugget dalam bentuk pemberdayaan sumber daya yang tepat. Serta memberikan keterampilan tentang cara memproduksi nugget ikan gabus yang baik, teknik pengemasan dan pemasaran produk nugget ikan gabus ini. Metode pelaksanaan kegiatan yang akan dilakukan untuk mengatasi permasalahan adalah sebagai berikut penyuluhan dengan materi dan modul, pelatihan dalam bentuk praktek pembuatan varian olahan ikan gabus dalam bentuk nugget. Model kegiatan juga diisi dengan selingan tanya jawab selama kegiatan berlangsung. Berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan, maka dapat dikatakan pengabdian pada masyarakat ini (1) terlaksana sesuai dengan rencana, (2) Kegiatan pengabdian dari koordinasi, penyuluhan dan pelatihan mendapatkan sambutan yang baik dari Mitra (PKK Desa Meranjat II, Kecamatan Inderalay, Ogan Ilir), (3) Ibu-ibu PKK PKK Desa Meranjat II memiliki keterampilan tentang pembuatan variasi olahan nugget ikan gabus.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General) > S21-400.5 Documents and other collections
Divisions: 05-Faculty of Agriculture > 54201-Agribusiness (S1)
Depositing User: Agustina Bidarti
Date Deposited: 21 Feb 2020 02:12
Last Modified: 21 Feb 2020 02:12
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/27570

Actions (login required)

View Item View Item