PELACAKAN OBJEK BERGERAK PADA VIDEO MENGGUNAKAN OPTIMASI ANNEALED GAUSSIAN PARTICLE SWARM OPTIMIZATION

Erwin, Erwin and Nuriska, Diding (2013) PELACAKAN OBJEK BERGERAK PADA VIDEO MENGGUNAKAN OPTIMASI ANNEALED GAUSSIAN PARTICLE SWARM OPTIMIZATION. Seminar Nasional Informatika dan Aplikasinya (SNIA) 2013, 1 (1). pp. 164-170. ISSN 2339-2304

[thumbnail of pdfjoiner-erwin-snia 2013.pdf]
Preview
Text
pdfjoiner-erwin-snia 2013.pdf - Published Version

Download (734kB) | Preview

Abstract

Pelacakan objek pada video merupakan salah satu area permasalahan yang penting pada bidang Computer Vision dan memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi karena harus dilakukan secara realtime dan faktorfaktor lain yang mempengaruhinya, seperti kualitas video, perubahan bentuk objek dan lain-lain, karena itu dibutuhkan metode yang dapat melakukan pelacakan objek yang memiliki akurasi yang baik. Pada penelitian ini digunakan metode optimasi Annealed Gaussian Particle Swarm Optimization (AGPSO) untuk melakukan pelacakan objek yang bergerak pada video. AGPSO merupakan varian dari metode Particle Swarm Optimization (PSO) yang menggunakan sekumpulan partikel yang bekerja secara iteratif untuk mencari solusi optimal. Sekumpulan partikel akan mencari objek pada setiap urutan frame di video. Pada setiap pencarian, partikel akan membentuk histogram menggunakan ruang warna hue. Fungsi fitness Bhattacharyya Coefficient dan toleransi kesalahan. Berdasarkan pada hasil penelitian dengan 12 data video diketahui bahwa PSO dapat melakukan pelacakan objek pada video dengan akurasi yang baik, yaitu dengan tingkat keberhasilan sebesar 93,4%.

Item Type: Article
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q334-342 Computer science. Artificial intelligence. Algorithms. Robotics. Automation.
Divisions: 09-Faculty of Computer Science > 56201-Computer Systems (S1)
Depositing User: Dr Erwin Erwin
Date Deposited: 28 Feb 2020 01:53
Last Modified: 28 Feb 2020 01:53
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/27713

Actions (login required)

View Item View Item