RANCANG BANGUN TEKNOLOGI OTOMATIS PADA BUDIDAYA PERTANIAN MENGGUNAKAN CITRA UNTUK SMART HIDROPONIK GARDEN

Erwin, Erwin and Syarif, Ahmad and Kinanti, Maya and Dewi, Fanny C (2015) RANCANG BANGUN TEKNOLOGI OTOMATIS PADA BUDIDAYA PERTANIAN MENGGUNAKAN CITRA UNTUK SMART HIDROPONIK GARDEN. SEMINAR NASIONAL INOVASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI – II (SNITI) 2015, 1 (1). pp. 21-28. ISSN 979-458-808-3

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
Prosiding-Erwin-SNITI-2015.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perubahan cuaca dan lingkungan saat ini berdampak pada kondisi sistem produksi pangan dan ketahanan pangan yang semakin kritis sehingga diperlukan usaha untuk memperluas sistem produksi tanaman dalam lingkungan yang terkendali. Teknik budidaya tanaman dengan hidroponik merupakan teknik budidaya tanpa menggunakan tanah di lahan terbuka dengan jumlah air yang sedikit. Teknologi Otomatis untuk Smart Hidroponik Garden dirancang untuk sistem pemberian air dan nutrisi yang dilaksanakan secara terintegrasi dan terkendali antara pengelolaan nutrisi dan pengelolaan pengairan yang dikenal dengan fertigasi. Pengelolaan air dan nutrisi difokuskan terhadap cara pemberian yang optimal sesuai dengan kebutuhan tanaman, umur tanaman dan kondisi lingkungan sehingga tercapai hasil yang maksimum. Rancangan teknologi menggunakan prinsip biaya murah(low cost) agar bisa dimanfaatkan oleh pelaku pertanian. Teknologi Otomatis pada pengelolaan pengairan menggunakan sensor suhu, pH air dan kelembaban sebagai indikator. Selain itu, pertumbuhan dan produksi tanaman akan dikontrol juga berdasarkan citra dari kamera CCTV. Sistem kendali otomatis pada pengelolaan pengairan, nutrisi, pertumbuhan dan produksi tanaman menggunakan metode Fuzzy.

Item Type: Article
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q334-342 Computer science. Artificial intelligence. Algorithms. Robotics. Automation.
Divisions: 09-Faculty of Computer Science > 56201-Computer Systems (S1)
Depositing User: Dr Erwin Erwin
Date Deposited: 28 Feb 2020 01:53
Last Modified: 28 Feb 2020 01:53
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/27716

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item