PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP REGULASI DIRI DALAM BELAJAR PADA SISWA KELAS XI IPS 2 SMA SRIJAYA NEGARA PALEMBANG

NABAKATIPA, BELA and Sofah, Rahmi and Gani, Syarifuddin (2020) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP REGULASI DIRI DALAM BELAJAR PADA SISWA KELAS XI IPS 2 SMA SRIJAYA NEGARA PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_86201_06071381621035.pdf] Text
RAMA_86201_06071381621035.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06071381621035_TURNITIN] Text
RAMA_86201_06071381621035_TURNITIN - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06071381621035_0002026015_0003055807_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_86201_06071381621035_0002026015_0003055807_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_86201_06071381621035_0002026015_0003055807_02.pdf] Text
RAMA_86201_06071381621035_0002026015_0003055807_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (155kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06071381621035_0002026015_0003055807_03.pdf] Text
RAMA_86201_06071381621035_0002026015_0003055807_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (180kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06071381621035_0002026015_0003055807_04.pdf] Text
RAMA_86201_06071381621035_0002026015_0003055807_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (192kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06071381621035_0002026015_0003055807_05.pdf] Text
RAMA_86201_06071381621035_0002026015_0003055807_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (35kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06071381621035_0002026015_0003055807_06_ref.pdf] Text
RAMA_86201_06071381621035_0002026015_0003055807_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (37kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06071381621035_0002026015_0003055807_07_lamp.pdf] Text
RAMA_86201_06071381621035_0002026015_0003055807_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok terhadap regulasi diri dalam belajar pada siswa kelas XI IPS 2 di SMA Srijaya Negara Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design dengan pendekatan one group pre test – post test. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 28 siswa dan sampel 8 siswa yang diperoleh berdasarkan purposive sampling. Pemilihan sampel dilihat dari tingkat perilaku regulasi diri dalam belajar siswa yang rendah. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket perilaku regulasi diri dalam belajar pada siswa. Teknik analisis data menggunakan Uji t. Perlakuan diberikan sebanyak 3 kali pertemuan dengan menggunakan materi yang berbeda-beda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perubahan antara pretest dan posttest. Sebelum menerima perlakuan, skor rata-rata pretest adalah 59 kemudian skor rata-rata bertambah menjadi 90,62 berdasarkan hasil posttest setelah perlakuan diberikan pada ke-8 siswa. Hal ini menunjukkan bahwa perlakuan tersebut memberikan pengaruh positif terhadap perilaku regulasi diri dalam belajar pada siswa. Dari hasil analisis data diperoleh thitung = 4,898 dan ttabel dalam taraf signifikan 5% yaitu 2,365 sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, artinya layanan bimbingan kelompok berpengaruh terhadap regulasi diri dalam belajar pada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Bimbingan Kelompok,Regulasi Diri dalam Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1775-1785 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86201-Counseling (S1)
Depositing User: Users 5458 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2020 08:30
Last Modified: 12 Mar 2020 08:30
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/28236

Actions (login required)

View Item View Item