Menyikapi Era Globalisasi di Bidang Agraria (Globalization Era Outlooking on Agrarian Sector)

Muntaqo, Firman (2011) Menyikapi Era Globalisasi di Bidang Agraria (Globalization Era Outlooking on Agrarian Sector). Jurnal Masalah-masalah Hukum. ISSN 2086-2695

[img]
Preview
Text
MENYIKAPI ERA GLOBALISASI DI BIDANG AGRARIA.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cek plagiat menyikapi.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
reviewer menyikapi era globalisasi di bidang agraria.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kendati Landreform telah berusia Lima Puluh Tahun, kenyataan yang terjadi saat ini merupakan suatu ironi, dan menarik untuk dikaji, karena seiring dengan era baru hubungan antar negara dan antar masyarakat internasional yang lebih dikenal dengan istilah “Era Globalisasi”, ternyata implementasi amanat UUPA pada negara/ pemerintah semakin jauh dari yang seharusnya. Bahkan amanat UUPA, bahwa negara/pemerintah melalui berbagai aturan hukum dan kebijaksanaanya harus dapat menfasilitasi rakyat agar mampu memenuhi keperluannya dalam soal-soal agraria sesuai dengan perkembangan zaman, cenderung diabaikan. Terdapat indikasi yang kuat, bahwa karena tekanan globalisasi perdagangan dunia berbagai aturan hukum dan kebijaksanaan yang dikeluarkan pemerintah di bidang agraria (termasuk di bidang pertanahan) lebih berpihak dan memfasilitasi badan hukum publik, swasta, lembaga-lembaga keuangan dan pembangunan internasional, serta pemodal raksasa internasional (MNC atau TNC) dan cenderung mengorbankan kepentingan rakyat, terutama petani untuk dapat mengakses tanah untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dengan kata lain, terdapat indikasi yang kuat bahwa pemerintah telah menempatkan agraria/tanah sebagai komoditas perdagangan, dan tidak lagi sebagai asset yang harus diupayakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Landreform, Globalisasi, Agraria, Badan Hukum Publik, Swasta, Multi National Corporation (MNC), Trans National Corporation.
Subjects: K Law > KZ Law of Nations > KZ27-37 National
Depositing User: FH UNSRI Fakultas Hukum Kepegawaian
Date Deposited: 23 Mar 2020 02:36
Last Modified: 23 Mar 2020 02:36
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/28413

Actions (login required)

View Item View Item