Status Jerapan dan Ketersediaan P Abu Terbang Batubara Akibat Penambahan Kotoran Ayam

Hermawan, Agus and Kadir, Sabaruddin and Marsi, Marsi and Hayati, Renih (2013) Status Jerapan dan Ketersediaan P Abu Terbang Batubara Akibat Penambahan Kotoran Ayam. In: Seminar Nasional Lahan Sub-optimal: Intensifikasi Pengelolaan Lahan Subopimal dalam Rangka Mendukung Kemandirian Pangan Nasional, September 20-21, 2013, Palembang.

Warning
There is a more recent version of this item available.
[thumbnail of MAKALAH STATUS JERAPAN.pdf]
Preview
Text
MAKALAH STATUS JERAPAN.pdf

Download (631kB) | Preview

Abstract

Abu terbang batubara yang merupakan sisa pembakaran batubara dari PLTU dan kegiatan indutri dengan batubara sebagai sumber energi berpotensi untuk memperbaiki kesuburan tanah. Hasil-hasil penelitian menunjukkan bahwa abu terbang batubara dapat digunakan sebagai bahan pembenah tanah yang dapat memperbaiki karakteristik fisika, kimia dan biologi tanah tanah terdegradasi dan sebagai sumber hara makro dan mikro tanaman. Secara umum, abu terbang batubara merupakan material kompleks yang mengandung mineral ferro-aluminosilikat dan kaya akan hara Ca, K, dan Na. Pencampuran abu terbang batubara dan pupuk organik akan dapat meningkatkan kualitasnya untuk memperbaiki karakteristik kimia tanah, seperti meningkatkan ketersediaan P dan menurunkan kapasitas jerapan P. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pencampuran abu terbang batubara dan kotoran ayam pada berbagai komposisi terhadap perubahan status jerapan dan ketersediaan P. Perlakuan yang diterapkan adalah perbandingan komposisi abu terbang batubara dan kotoran ayam, meliputi: 0% abu terbang batubara + 100% kotoran ayam; 25% abu terbang batubara + 75% kotoran ayam; 50% abu terbang batubara + 50% kotoran ayam; 25% abu terbang batubara + 75% kotoran ayam; dan 100 % abu terbang batubara + 0 % kotoran ayam, dengan 3 ulangan dan diinkubasi selama 45 hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan kotoran ayam dapat menurunkan jerapan P dan meningkatkan ketersediaan P campuran. Komposisi campuran 50% abu terbang batubara + 50% kotoran ayam memberikan nilai jerapan P terendah, dan komposisi campuran 25% abu terbang batubara + 75% kotoran ayam mempunyai kandungan P tersedia yang tertinggi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: abu terbang batubara, jerapan P, ketersediaan P, kotoran ayam
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General) > S1-(972) Agriculture (General)
S Agriculture > S Agriculture (General) > S530-559 Agricultural education
S Agriculture > S Agriculture (General) > S539.5-542.3 Research. Experimentation
S Agriculture > S Agriculture (General) > S583-587.73 Agricultural chemistry. Agricultural chemicals
S Agriculture > S Agriculture (General) > S589.7 Agricultural ecology (General)
S Agriculture > S Agriculture (General) > S590-599.9 Soils. Soil science. Including soil surveys, soil chemistry, soil structure, soil-plant relationships
S Agriculture > S Agriculture (General) > S631-667 Fertilizers and improvement of the soil

#3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 05-Faculty of Agriculture > 54294-Soil Science (S1)
Depositing User: Ph.D. Sabaruddin Kadir
Date Deposited: 14 Apr 2020 03:18
Last Modified: 14 Apr 2020 03:18
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/28855

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item