PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS STEM PADA POKOK BAHASAN INDUKSI ELEKTROMAGNETIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 TANJUNG RAJA

MUSDALIFA, NESI and Syuhendri, Syuhendri and Pasaribu, Abidin (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS STEM PADA POKOK BAHASAN INDUKSI ELEKTROMAGNETIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 TANJUNG RAJA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[img] Text
RAMA_84203_06111181621057.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_84203_06111181621057_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
RAMA_84203_06111181621057_0017116801_0002026002_01_fornt_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (555kB) | Preview
[img] Text
RAMA_84203_06111181621057_0017116801_0002026002_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_84203_06111181621057_0017116801_0002026002_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_84203_06111181621057_0017116801_0002026002_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_84203_06111181621057_0017116801_0002026002_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_84203_06111181621057_0017116801_0002026002_06_ref.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_84203_06111181621057_0017116801_0002026002_07_lam.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan multimedia interaktif berbasis STEM pada pokok bahasan induksi elektromagnetik terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Tanjung Raja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu one group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XII SMA Negeri 1 Tanjung Raja dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XII IPA 4 yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berbentuk pilihan ganda dengan jumlah soal sebanyak 20 item untuk melihat hasil belajar siswa pada ranah kognitif. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata pretest sebesar 27,97 dan rata-rata posttest sebesar 61,87 dengan hasil thitung yang didapat yaitu = -23,959 dan ttabel = 2,042 maka │thitung│ > ttabel artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan analisis N-gain didapatkan hasil N-gain sebesar 0,471 pada kategori sedang. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan multimedia interaktif berbasis STEM pada pokok bahasan induksi elektromagnetik terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Tanjung Raja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Interaktif, Hasil Belajar, Induksi Elektromagnet
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice)
Divisions: Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: Nesi Musdalifa
Date Deposited: 03 Jun 2020 14:33
Last Modified: 03 Jun 2020 14:33
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/29638

Actions (login required)

View Item View Item