PENGARUH INKUIRI PICTORIAL RIDDLE TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS PADA MATERI PEMBELAJARAN FISIKA

RAHAYU, LESTARI and Sardianto, Sardianto and Akhsan, Hamdi (2020) PENGARUH INKUIRI PICTORIAL RIDDLE TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS PADA MATERI PEMBELAJARAN FISIKA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84203_06111181621011.pdf] Text
RAMA_84203_06111181621011.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (827kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111181621011_0028066702_0010026901_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_84203_06111181621011_0028066702_0010026901_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (829kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_84203_06111181621011_0028066702_0010026901_02.pdf] Text
RAMA_84203_06111181621011_0028066702_0010026901_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (492kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111181621011_0028066702_0010026901_03.pdf] Text
RAMA_84203_06111181621011_0028066702_0010026901_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (525kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111181621011_0028066702_0010026901_04.pdf] Text
RAMA_84203_06111181621011_0028066702_0010026901_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (514kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111181621011_0028066702_0010026901_05.pdf] Text
RAMA_84203_06111181621011_0028066702_0010026901_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (260kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111181621011_0028066702_0010026901_06_ref.pdf] Text
RAMA_84203_06111181621011_0028066702_0010026901_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (269kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111181621011_0028066702_0010026901_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84203_06111181621011_0028066702_0010026901_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111181621011_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84203_06111181621011_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri pictorial riddle terhadap kemampuan berfikir kritis siswa materi momentum dan impuls di kelas X IPA SMA Negeri 2 Indralaya Utara. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan desain penelitian one group pre-test post-test design dengan sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPA yang berjumlah 29 orang. Proses pembelajaran di kelas X IPA menggunakan model pembelajaran inkuiri pictorial riddle materi momentum dan impuls. Pengumpulan data menggunakan tes esai sebanyak 10 soal. Dari hasil penelitian didapat rata-rata pre-test sebesar 31,17. Setelah perlakuan, hasil rata-rata post-test sebesar 73,71. Nilai rata-rata post-test lebih tinggi dari nilai rata-rata pre-test, hal ini dapat dilihat bahwa kelas X IPA mengalami peningkatan pada hasil belajarnya dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,62 yang termasuk kedalam kategori sedang. Berdasarkan hasil uji statistik mengunakan Paired sample t test dapat diketahui bahwa nilai signifikansinya adalah 0,000 karena signifikansi yaitu 0,000 < 0,05 dan hasil uji t -thitung> -ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan rata-rata kemampuan berfikir kritis peserta didik dengan mengggunakan model pembelajaran inkuiri pictorial riddle. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ada pengaruh model pembelajaran pictorial riddle terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran fisika di kelas X IPA SMA Negeri 2 Indralaya Utara. Kata kunci: Inkuiri Pictorial Riddle, Berfikir Kritis, Pembelajaran Fisika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Inkuiri, Pictorial Riddle, Mata Pelajaran Fisika
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education
Q Science > QC Physics > QC1-999 Physics
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: Users 5933 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2020 07:58
Last Modified: 05 Jun 2020 07:58
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/29723

Actions (login required)

View Item View Item