PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE (5E) DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI SMA NEGERI 1 RAMBUTAN

ALFAJAR, MIFTA and Yusuf, Syafruddin and Hudaidah, Hudaidah (2020) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE (5E) DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI SMA NEGERI 1 RAMBUTAN. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_87201_06041181621005.pdf] Text
RAMA_87201_06041181621005.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87201_06041181621005_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_87201_06041181621005_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87201_06041181621005_0023046102_0020087602_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_87201_06041181621005_0023046102_0020087602_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_87201_06041181621005_0023046102_0020087602_02.pdf] Text
RAMA_87201_06041181621005_0023046102_0020087602_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (359kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87201_06041181621005_0023046102_0020087602_03.pdf] Text
RAMA_87201_06041181621005_0023046102_0020087602_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (526kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87201_06041181621005_0023046102_0020087602_04.pdf] Text
RAMA_87201_06041181621005_0023046102_0020087602_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (998kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87201_06041181621005_0023046102_0020087602_05.pdf] Text
RAMA_87201_06041181621005_0023046102_0020087602_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (116kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87201_06041181621005_0023046102_0020087602_06_ref.pdf] Text
RAMA_87201_06041181621005_0023046102_0020087602_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (219kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87201_06041181621005_0023046102_0020087602_07_lamp.pdf] Text
RAMA_87201_06041181621005_0023046102_0020087602_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul “Perbandingan Model Pembelajaran Learning Cycle (5E) dengan Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas XI SMA Negeri 1 Rambutan”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang diterapkan menggunakan model Learning Cycle (5E) dengan peserta didik yang diterapkan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray. Penelitian ini telah dilaksanakan pada tanggal 27 Januari sampai dengan 27 Maret 2020. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen pertama dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen kedua. Penentuan kelas eksperimen diambil dengan teknik Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Statistik yang digunakan untuk menganalisa data dalam penelitian ini adalah uji normalitas data, uji homogenitas data dan untuk pembuktian hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikan dk = n1 + n2 = 58 dan α = 0,05. Berdasarkan data analisis yang dilakukan pada kelas eksperimen pertama dan eksperimen kedua diperoleh thitung = 1.70 dan ttabel = 1,67 atau thitung> ttabel, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “Ada perbedaan hasil belajar mata pelajaran sejarah antara kelas XI IPS. 1 yang diterapkan model pembelajaran Learning Cycle (5E) dengan peserta didik kelas XI IPS. 2 yang diterapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray di SMA Negeri 1 Rambutan.” diterima. Kata-kata kunci: Learning Cycle (5E), Two Stay Two Stray, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Learning Cycle (5E), Two Stay Two Stray, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LA History of education > LA5-2396 History of education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87201-History Education (S1)
Depositing User: Users 6774 not found.
Date Deposited: 12 Aug 2020 15:35
Last Modified: 12 Aug 2020 15:35
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/32641

Actions (login required)

View Item View Item