ANALISIS KESESUAIAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI DENGAN KOMPETENSI DASAR PADA RPP GURU DI SD KARTIKA II-2 PALEMBANG

TRISNA, BELLA PUTRI and Asnimar, Asnimar and Barus, Yosef (2020) ANALISIS KESESUAIAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI DENGAN KOMPETENSI DASAR PADA RPP GURU DI SD KARTIKA II-2 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_86206_06131281621021.pdf] Text
RAMA_86206_06131281621021.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06131281621021_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_86206_06131281621021_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06131281621021_0003045602_0023036204_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_86206_06131281621021_0003045602_0023036204_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (534kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_86206_06131281621021_0003045602_0023036204_02.pdf] Text
RAMA_86206_06131281621021_0003045602_0023036204_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (469kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06131281621021_0003045602_0023036204_03.pdf] Text
RAMA_86206_06131281621021_0003045602_0023036204_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (533kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06131281621021_0003045602_0023036204_04.pdf] Text
RAMA_86206_06131281621021_0003045602_0023036204_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (416kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06131281621021_0003045602_0023036204_05.pdf] Text
RAMA_86206_06131281621021_0003045602_0023036204_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (157kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06131281621021_0003045602_0023036204_06_ref.pdf] Text
RAMA_86206_06131281621021_0003045602_0023036204_06_ref.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (283kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06131281621021_0003045602_0023036204_07_lamp.pdf] Text
RAMA_86206_06131281621021_0003045602_0023036204_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian indikator pencapaian kompetensi dengan kompetensi dasar pada RPP guru di SD Kartika II-2 Palembang. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah analisis dokumen dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 5 orang guru yaitu guru kelas 1A, 2A, 4B, 5A dan 5B dan penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya 2 kriteria saja dari 6 kriteria yang mendapatkan kategori sangat sesuai yaitu pada kriteria (5) dirumuskan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar kalimat, simpel, jelas dan mudah dipahami mendapatkan persentase 100%, dan kriteria (6) memperhatikan karakteristik mata pelajaran, potensi dan kebutuhan peserta didik, sekolah, masyarakat dan lingkungan mendapatkan persentase 100%. Sedangkan kriteria (1) Mengacu pada kompetensi dasar mendapatkan persentase 50% dan dikategorikan sangat tidak sesuai. Kriteria (3) tiap kompetensi dasar bisa dibuat dua atau lebih IPK mendapatkan persentase 40% dan dikategorikan sangat tidak sesuai. Kriteria (2) menggunakan KKO yang lebih rincih dan atau sama dengan KKO yang terdapat pada KD mendapatkan persentase 25% dan dikategorikan sangat tidak sesuai. Kriteria (4) hanya mengandung satu tindakan dan satu materi mendapatkan persentase 25% dan dikategorikan sangat tidak sesuai. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa guru di SD Kartika II-2 Palembang belum banyak mengetahui tentang perumusan indikator pencapaian kompetensi yang sesuai dengan pedoman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Indikator Pencapaian Kompetensi, RPP
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86206-Elementary Teacher Education (S1)
Depositing User: Users 7264 not found.
Date Deposited: 12 Aug 2020 06:28
Last Modified: 12 Aug 2020 06:28
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/32866

Actions (login required)

View Item View Item