PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBENTUK CERITA BERGAMBAR PADA PEMBELAJARAN SUBTEMA JENIS-JENIS PEKERJAAN DI KELAS IV SD

ARINI, PERINA DWI and Hasmalena, Hasmalena and Usman, Nuraini (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBENTUK CERITA BERGAMBAR PADA PEMBELAJARAN SUBTEMA JENIS-JENIS PEKERJAAN DI KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[img] Text
RAMA_86206_06131281621018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_86206_06131281621018_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
RAMA_86206_0613181621018_0026055904_0008025702_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (765kB) | Preview
[img] Text
RAMA_86206_06131281621018_0026055904_0008025702_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (592kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_86206_06131281621018_0026055904_0008025702_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (604kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_86206_06131281621018_0026055904_0008025702_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (851kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_86206_06131281621018_0026055904_0008025702_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (42kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_86206_06131281621018_0026055904_0008025702_06_ref.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (91kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_86206_06131281621018_0026055904_0008025702_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa lembar kerja peserta didik berbentuk cerita bergambar pada pembelajaran subtema jenis-jenis pekerjaan di kelas IV SD yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian development research dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas IV SDN 05 Indralaya yang berjumlah 32 peserta didik. Prosedur penelitian ini mengikuti pengembangan Model Rowntree dengan tiga tahap yaitu perencanaan, pengembangan dan penilaian. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli, wawancara, angket dan tes hasil belajar. Dari hasil validasi ahli diperoleh rata-rata hasil penilaian sebesar 3,42 dengan kategori sangat valid. Pada tahap uji kelompok kecil (small group) didapatkan hasil rata-rata sebesar 88,33% sehingga dapat dinyatakan sangat praktis. Pada tahap uji lapangan (field test) diukur keefektifan LKPD sebesar 0,75 dengan kategori tinggi sehingga dapat dinyatakan efektif dalam mendukung kegiatan pembelajaran terhadap hasil belajar. Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa LKPD berbentuk cerita bergambar yang dikembangkan sudah tergolong LKPD yang valid, praktis dan efektif. Kata-kata Kunci: Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Subtema Jenis-jenis Pekerjaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Subtema Jenis-jenis Pekerjaan
Subjects: #1 Repository of Teaching and Learning Process (PBM) > Teaching Materials (Bahan Ajar)
Divisions: Faculty of Education and Educational Science > 86206-Elementary Teacher Education (S1)
Depositing User: Ms Perina Dwi Arini
Date Deposited: 12 Aug 2020 04:18
Last Modified: 12 Aug 2020 04:18
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/32868

Actions (login required)

View Item View Item