PERBANDINGAN PENILAIAN AKREDITASI SEKOLAH MENGGUNAKAN FUZZY ANALYTIC HIERARCHY PROCESS DAN FUZZY SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING

PUTRI, DEANIS AYU WIRANTO and Efendi, Rusdi and Arsalan, Osvari (2020) PERBANDINGAN PENILAIAN AKREDITASI SEKOLAH MENGGUNAKAN FUZZY ANALYTIC HIERARCHY PROCESS DAN FUZZY SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_55201_09021381520073.pdf] Text
RAMA_55201_09021381520073.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_55201_09021381520073_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_55201_09021381520073_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (16MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_55201_09021381520073_8826630017_0028068806_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_55201_09021381520073_8826630017_0028068806_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_55201_09021381520073_8826630017_0028068806_02.pdf] Text
RAMA_55201_09021381520073_8826630017_0028068806_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (324kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_55201_09021381520073_8826630017_0028068806_03.pdf] Text
RAMA_55201_09021381520073_8826630017_0028068806_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_55201_09021381520073_8826630017_0028068806_04.pdf] Text
RAMA_55201_09021381520073_8826630017_0028068806_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_55201_09021381520073_8826630017_0028068806_05.pdf] Text
RAMA_55201_09021381520073_8826630017_0028068806_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (293kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_55201_09021381520073_8826630017_0028068806_06.pdf] Text
RAMA_55201_09021381520073_8826630017_0028068806_06.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (84kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_55201_09021381520073_8826630017_0028068806_06_ref.pdf] Text
RAMA_55201_09021381520073_8826630017_0028068806_06_ref.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (97kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_55201_09021381520073_8826630017_0028068806_07_lamp.pdf] Text
RAMA_55201_09021381520073_8826630017_0028068806_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (258kB) | Request a copy

Abstract

Akreditasi sekolah merupakan program atau kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah yang diwakili oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) untuk memantau langsung kondisi dari pendidikan di dalam sekolah. Akreditasi sekolah bertujuan untuk memperoleh gambaran kinerja dalam suatu sekolah dan menentukan tingkat kelayakan sekolah di dalam menyelenggarakan pelayanan pendidikan. Dalam penelitian ini membandingkan hasil akurasi penilaian akreditasi sekolah menggunakan dua metode yaitu metode Fuzzy Analytic Hierarchy Process (FAHP) dan metode Fuzzy Simple Additive Weighting (FSAW). Perbandingan dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam menentukan penilaian akreditasi sekolah, dimana metode FAHP berlaku untuk keadaan yang tidak pasti dari pemilihan suatu obyek, sedangkan metode FSAW merupakan metode penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif pada semua atribut. Berdasarkan pengujian dan hasil penelitian perbandingan kedua metode, maka diperoleh kesimpulan bahwa metode FAHP dianggap lebih cocok dalam menentukan penilaian akreditasi sekolah karena metode FAHP mendapatkan hasil akurasi pada total nilai sebesar 50%, sedangkan pada metode FSAW memiliki hasil yang kurang sempurna yaitu sebesar 20% dan dinilai kurang cocok untuk melakukan penilaian akreditasi sekolah, namun metode FSAW dapat menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif yang ada.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, Fuzzy Analytic Hierarchy Process (FAHP), Fuzzy Simple Additive Weighting (FSAW).
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q1-390 Science (General) > Q223.M517 Science -- Information services. Information storage and retrieval systems --Science.
Q Science > Q Science (General) > Q350-390 Information theory
Divisions: 09-Faculty of Computer Science > 55201-Informatics (S1)
Depositing User: Users 7578 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2020 03:17
Last Modified: 25 Aug 2020 03:17
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/33559

Actions (login required)

View Item View Item