Uji Antibakteri Ekstrak Gracilaria sp (Rumput Laut) Terhadap Bakteri Escherichia coli dan Staphylococcus aureus (Peer Review)

Melki, Melki and Putri, Wike Ayu Eka and Kurniati, Kurniati (2011) Uji Antibakteri Ekstrak Gracilaria sp (Rumput Laut) Terhadap Bakteri Escherichia coli dan Staphylococcus aureus (Peer Review). Universitas Sriwijaya. (Unpublished)

[thumbnail of Peer Review 1 dan 2_Semirata2011.pdf]
Preview
Text
Peer Review 1 dan 2_Semirata2011.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rumput laut Gracilaria sp merupakan salah satu bahan alami yang tidak menimbulkan resistansi untuk mengatasi penyakit pada makhluk hidup karena memiliki metabolit sekunder yang dapat membunuh bakteri. Tujuan penelitian ini adalah melakukan ekstraksi Gracilaria sp yang diduga mempunyai senyawa bioaktif sebagai antibakteri, menentukan zona hambat pertumbuhan bakteri patogen Escherichia coli dan Staphylococcus aureus dari ekstrak rumput laut Gracilaria sp yang paling baik digunakan, dan menentukan konsentrasi hambatan minimum (KHM) ekstrak Gracilaria sp terhadap pertumbuhan bakteri patogen. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2010 – Januari 2011. Pembuatan ekstrak rumput laut dengan menggunakan metode maserasi sedangkan pengujian aktifitas antibakteri dengan menggunakan metode difusi agar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak Gracilaria sp mampu menghambat pertumbuhan bakteri E. coli dan S. aureus yang ditunjukkan dengan warna bening di sekitar ekstrak. Nilai zona hambat terhadap bakteri E. coli sebesar 14,33 ± 3,22 mm, sedangkan bakteri S. aureus nilai zona hambatnya sebesar 12,67 ± 2,08 mm. Di antara kedua bakteri yang diujikan dengan ekstrak Gracilaria sp, bakteri E. coli menunjukkan resistensi yang lebih kecil, hal ini ditunjukkan dengan zona hambat yang lebih besar dari bakteri S. aureus. Konsentrasi hambat minimum ekstrak Gracilaria sp terhadap jenis bakteri E. coli dan S. aureus adalah pada konsentrasi 0,05%.

Item Type: Other
Subjects:
Divisions: 08-Faculty of Mathematics and Natural Science > 54241-Marine Science (S1)
Depositing User: Mr. Melki Melki
Date Deposited: 31 Aug 2020 07:35
Last Modified: 31 Aug 2020 07:35
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/34034

Actions (login required)

View Item View Item