Komposisi dan struktur komunitas ikan di perairan Muara Musi dan Muara Banyuasin, Kab, Banyuasin, Prov SumSel (Plagiarism)

Isnaini, Isnaini and Melki, Melki and Agussalim, Andi (2015) Komposisi dan struktur komunitas ikan di perairan Muara Musi dan Muara Banyuasin, Kab, Banyuasin, Prov SumSel (Plagiarism). Universitas Sriwijaya. (Unpublished)

[thumbnail of Plagiarism_Semnastangkap 6_2015.pdf]
Preview
Text
Plagiarism_Semnastangkap 6_2015.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Sumberdaya perikanan juga tergolong sumberdaya dapat pulih tetapi di batasi oleh faktor pembatas alami dan faktor pembatas non alami. Faktor pembatas alami adalah faktor-faktor penghambat ketersediaan ikan dari ekosistem itu sendiri, seperti ketersediaan makanan, predator, persaingan ruang dan sebagainya. Faktor non alami adalah faktor-faktor penghambat ketersediaan ikan yang disebabkan oleh kegiatan eksploitasi dan pencemaran. Maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komposisi jenis ikan, struktur komunitas ikan dan komposisi ukuran ikan di perairan Muara Sungai Musi dan Muara Banyuasin, Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Juli 2015 di perairan Muara Musi dan Muara Banyuasin. Metode yang digunakan metode survei dengan cara pengukuran panjang dan berat ikan hasil tangkapan nelayan di Muara Musi dan muara Banyuasin yang menggunakan alat tangkap jaring insang, trammel net dan tuguk. Hasil penelitian ini di Muara Musi ditemukan 9 jenis ikan dan di Muara Banyuasin 14 jenis. Struktur komunitasnya di Muara Musi memiliki indeks dominansi rendah, indeks keanekaragaman yang sedang dan indeks keseragaman komunitas dalam kondisi stabil, sedangkan di Muara Banyuasin memiliki dominansi rendah, indeks keanekaragaman yang sedang dan indeks keseragaman komunitas dalam kondisi stabil. Komposisi berat dan panjang ikan Pseudocienna amoyensis terbanyak terdapat pada selang berat ikan 27-50 gram dan selang panjang ikan 17-18 cm, jenis ikan Psettodes erumei selang berat ikan terbanyak pada kisaran berat ikan 69-80 gram dan selang panjangnya 28-29 cm, sedangkan untuk jenis ikan Formio niger selang berat terbanyak tertangkap pada ukuran berat antara 35-163 gram, dan selang panjangnya antara 13-16 cm. Kualitas perairan untuk parameter suhu, DO, pH dan salinitas perairan di muara Musi dan muara Banyuasin dalam kondisi baik untuk kehidupan biota.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 08-Faculty of Mathematics and Natural Science > 54241-Marine Science (S1)
Depositing User: Mr. Melki Melki
Date Deposited: 31 Aug 2020 14:17
Last Modified: 31 Aug 2020 14:17
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/34047

Actions (login required)

View Item View Item