MARKETPALCE PEMESANAN PAPAN BUNGA MODEL B2C DENGAN SISTEM REKOMENDASI MENGGUNAKAN ALGORITMA SLOPE ONE BERBASIS MOBILE

RAMADHAN, DEDI and Fathoni, Fathoni and Bardadi, Ali (2020) MARKETPALCE PEMESANAN PAPAN BUNGA MODEL B2C DENGAN SISTEM REKOMENDASI MENGGUNAKAN ALGORITMA SLOPE ONE BERBASIS MOBILE. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_57201_09031281621119.pdf] Text
RAMA_57201_09031281621119.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031281621119_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_57201_09031281621119_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (17MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031281621119_0218107201_0029068805_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_57201_09031281621119_0218107201_0029068805_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_57201_09031281621119_0218107201_0029068805_02.pdf] Text
RAMA_57201_09031281621119_0218107201_0029068805_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (319kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031281621119_0218107201_0029068805_03.pdf] Text
RAMA_57201_09031281621119_0218107201_0029068805_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (158kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031281621119_0218107201_0029068805_04.pdf] Text
RAMA_57201_09031281621119_0218107201_0029068805_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (531kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031281621119_0218107201_0029068805_05.pdf] Text
RAMA_57201_09031281621119_0218107201_0029068805_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031281621119_0218107201_0029068805_06.pdf] Text
RAMA_57201_09031281621119_0218107201_0029068805_06.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031281621119_0218107201_0029068805_07.pdf] Text
RAMA_57201_09031281621119_0218107201_0029068805_07.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031281621119_0218107201_0029068805_08_ref.pdf] Text
RAMA_57201_09031281621119_0218107201_0029068805_08_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (76kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031281621119_0218107201_0029068805_09_lamp.pdf] Text
RAMA_57201_09031281621119_0218107201_0029068805_09_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (656kB) | Request a copy

Abstract

65% dari total 264 juta penduduk Indonesia sudah terhubung ke internet, memanfaatkan dari jumlah data tersebut dengan membuka bisnis online menunjukan adanya peluang untuk mendapat pasar yang lebih baik lagi. Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia mengalami perkembangan yang semakin pesat, diantaranya yaitu UKM pemesanan papan bunga. UKM pemesanan papan bunga lebih banyak berkembang di wilayah kota-kota besar yang memiliki tingkat kesibukan yang cukup tinggi. Salah satu alternatif strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh penyedia barang dan jasa adalah penggunaan E-Commerce. Masing-masing perusahaan E-Commerce memiliki berbagai macam strategi pemasaran dan bisnis untuk bersaing di pasar dan untuk menarik lebih banyak lagi pembeli. Salah satu strategi yang bisa digunakan antara lain dengan penggunaan Sistem Rekomendasi. Algoritma Slope One termasuk dalam item-based collaborative filtering, ini didasarkan pada model regresi linier dan menggunakan penyimpanan rating untuk memprediksi item yang tidak mempunyai rating. Langkah penting dari algoritma ini adalah menghitung kesamaan pengguna. Korelasi Pearson digunakan untuk menghitung kesamaan antara pengguna dan untuk memilih neighbors terdekat dari target pengguna. Setelah itu, peringkat item yang tidak dinilai diprediksi dan kemudian didapatlah hasil rekomendasi. Berdasarkan hasil rekapitulasi kuisioner, dapat disimpulkan bahwa tingkat kegunaan aplikasi mencapai 93.1%, kualitas informasi yang diberikan mencapai 90.6%, dan kualitas tampilan antar muka aplikasi mencapai 90%. Secara keseluruhan, pengguna puas dalam menggunakan aplikasi FlorisTech dengan nilai 91.2% yang termasuk dalam kategori positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Marketplace, B2C, Mobile, Papan Bunga, Sistem Rekomendasi, Slope One
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T59.7-59.77 Human engineering in industry. Man-machine systems
T Technology > TX Home economics > TX1100-1105 Mobile home living
Divisions: 09-Faculty of Computer Science > 57201-Information Systems (S1)
Depositing User: Users 5426 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2020 07:09
Last Modified: 18 Sep 2020 07:09
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/35076

Actions (login required)

View Item View Item