PENGARUH PENGGUNAAN STYRENE-BUTDADIENE-STYRENE DAN ETHYLENE-VINYL-ACETATE TERHADAP FLEXIBLE PAVEMENT LASTON AC-WC DAN LATASTON HRS-WC MENGGUNAKAN METODE MARSHALL IMMERSION DAN CANTABRO

AKBAR, M. ALIEF and Pataras, Mirka and Kadarsa, Edi (2020) PENGARUH PENGGUNAAN STYRENE-BUTDADIENE-STYRENE DAN ETHYLENE-VINYL-ACETATE TERHADAP FLEXIBLE PAVEMENT LASTON AC-WC DAN LATASTON HRS-WC MENGGUNAKAN METODE MARSHALL IMMERSION DAN CANTABRO. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_22201_03011381621132.pdf] Text
RAMA_22201_03011381621132.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03011381621132_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_22201_03011381621132_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03011381621132_0001128107_0203117301_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_22201_03011381621132_0001128107_0203117301_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_22201_03011381621132_0001128107_0203117301_02.pdf] Text
RAMA_22201_03011381621132_0001128107_0203117301_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03011381621132_0001128107_0203117301_03.pdf] Text
RAMA_22201_03011381621132_0001128107_0203117301_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (402kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03011381621132_0001128107_0203117301_04.pdf] Text
RAMA_22201_03011381621132_0001128107_0203117301_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (828kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03011381621132_0001128107_0203117301_05.pdf] Text
RAMA_22201_03011381621132_0001128107_0203117301_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (206kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03011381621132_0001128107_0203117301_06_ref.pdf] Text
RAMA_22201_03011381621132_0001128107_0203117301_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03011381621132_0001128107_0203117301_07_lamp.pdf] Text
RAMA_22201_03011381621132_0001128107_0203117301_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kebutuhan alat transportasi semakin meningkat setiap tahunnya mengingat perkembangan jumlah penduduk Indonesia yang semakin pesat. Alat transportasi membutuhkan suatu sarana berupa infrastruktur jalan dalam operasinya. Oleh karena itu, perkerasan jalan yang merupakan salah satu struktur utama pada suatu konstruksi jalan menjadi suatu hal yang sangat penting untuk difikirkan. Aspal polimer adalah suatu material yang dihasilkan dari modifikasi antara polimer alam atau sintetis dengan aspal. Umumnya dengan sedikit penambahan bahan polimer (biasanya sekitar 2-6%) telah dapat meningkatkan hasil ketahanan yang lebih baik terhadap deformasi, mengatasi keretakan-keretakan dan meningkatkan ketahanan usang dari kerusakan akibat umur sehingga dihasilkan pembangunan jalan lebih tahan lama serta juga dapat mengurangi biaya perawatan atau perbaikan jalan. Penelitian ini menggunakan kadar persen polimer 0,5%, 1%, 2% SBS dan 0,5%, 1%, 2% EVA dalam campuran Laston AC-WC dan Lataston HRS-WC. Pengujian yang dilakukan menggunakan metode marshall immersion dan cantabro. Hasil indeks kekuatan sisa dari pengujian marshall immersion pada laston AC-WC untuk campuran aspal standar sebesar 92,37%, campuran aspal modifikasi SBS sebesar 93,33%, dan campuran aspal modifikasi EVA sebesar 92,74%, sedangkan pada lataston HRS-WC untuk campuran aspal standar sebesar 90,25%, campuran aspal modifikasi SBS sebesar 91,48%, dan campuran aspal modifikasi EVA sebesar 90,58%. Hasil pengujian marshall immersion telah memenuhi persyaratan lebih besar dari 90%. Sementara itu, hasil keausan dari pengujian cantabro pada laston AC-WC untuk campuran aspal standar sebesar 4,04%, campuran aspal modifikasi SBS sebesar 3,14%, dan campuran aspal modifikasi EVA sebesar 3,57% sedangkan pada lataston HRS-WC untuk campuran aspal standar sebesar 3,91%, campuran aspal modifikasi SBS sebesar 2,86%, dan campuran aspal modifikasi EVA sebesar 3,34%. Hasil pengujian cantabro telah memenuhi persyaratan kurang dari 20%. Berdasarkan kedua pengujian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa campuran aspal modifikasi SBS lebih baik dibandingkan dengan campuran aspal standar dan campuran aspal modifikasi EVA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: AC-WC, HRS-WC, SBS, EVA, Marshall Immersion, Cantabro
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA1001-1280 Transportation engineering
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE250-278.8 Pavements and paved roads
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1)
Depositing User: Users 8099 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2020 08:00
Last Modified: 21 Sep 2020 08:00
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/35378

Actions (login required)

View Item View Item