PENGARUH PEMANFAATAN MATERIAL SISA PEMBAKARAN BATUBARA (FLY ASH DAN BOTTOM ASH) PLTU BANJARSARI KAB.LAHAT TERHADAP LASTON AC-WC MENGGUNAKAN METODE MARSHALL

FARAS, MUHAMMAD AFIF and Pataras, Mirka and Kadarsa, Edi (2020) PENGARUH PEMANFAATAN MATERIAL SISA PEMBAKARAN BATUBARA (FLY ASH DAN BOTTOM ASH) PLTU BANJARSARI KAB.LAHAT TERHADAP LASTON AC-WC MENGGUNAKAN METODE MARSHALL. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_22201_03011381621079.pdf] Text
RAMA_22201_03011381621079.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03011381621079_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_22201_03011381621079_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (16MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03011381621079_0001128107_0203117301_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_22201_03011381621079_0001128107_0203117301_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_22201_03011381621079_0001128107_0203117301_02.pdf] Text
RAMA_22201_03011381621079_0001128107_0203117301_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (879kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03011381621079_0001128107_0203117301_03.pdf] Text
RAMA_22201_03011381621079_0001128107_0203117301_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (299kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03011381621079_0001128107_0203117301_04.pdf] Text
RAMA_22201_03011381621079_0001128107_0203117301_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03011381621079_0001128107_0203117301_05.pdf] Text
RAMA_22201_03011381621079_0001128107_0203117301_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (102kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03011381621079_0001128107_0203117301_06_ref.pdf] Text
RAMA_22201_03011381621079_0001128107_0203117301_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03011381621079_0001128107_0203117301_07_lamp.pdf] Text
RAMA_22201_03011381621079_0001128107_0203117301_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di Indonesia, semua itu sangat bergantung pada sarana dan prasarana yang memadai dan terintegritas pada suatu wilayah. Sektor transportasi di Indonesia masih mempunyai permasalahan yang harus diselesaikan seperti kondisi jalan yang hingga saat ini masih banyak kerusakan. Lapis permukaan pada aspal beton (AC-WC) cenderung cepat mengalami kerusakan karena lapis permukaan menahan langsung beban kendaraan yang melewati jalan tersebut. Untuk mencegah terjadinya kerusakan pada permukaan perkerasan jalan yang diakibatkan oleh pengaruh kelebihan beban muatan serta pengaruh cuaca, bisa dicoba untuk menggunakan material pengganti agregat berupa material-material yang memenuhi spesifikasi bertujuan untuk meningkatkan mutu aspal seperti memanfaatkan limbah dari pengolahan batubara berupa bottom ash dan fly ash, dimana bersamaan dapat mengurangi polusi dari limbah tersebut. Pada penelitian ini penggunaan bottom ash dan fly ash menggantikan agregat halus dan filler sebesar 100% dari persentase DMF masing-masing campuran, sehingga hasil dari penelitian ini setiap campuran yang menggunakan bottom ash sebagai agregat halus meningkatkan nilai VMA, VFA, VIM dan KAO sehingga tingkat kebutuhan aspal pada campuran itu lebih besar tetapi pada campuran tersebut mendapatkan nilai stabilitas dan MQ yang menurun, sedangkan pada campuran fly ash menggantikan sebagai filler pada perkerasan dapat meningkatkan nilai VIM, MQ, stabilitas dan nilai KAO menurun sehingga membuat menurunkan kebutuhan aspal pada campuran tersebut. Secara ringkas penggunaan fly ash menggantikan semen (filler) memberikan hasil yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Fakultas Teknik, Teknik Sipil
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA1001-1280 Transportation engineering
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE1-450 Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1)
Depositing User: Users 8106 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2020 04:55
Last Modified: 22 Sep 2020 04:55
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/35436

Actions (login required)

View Item View Item