PERBANDINGAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn ANTARA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK, TALK, WRITER DENGAN RECIPROCAL TEACHING DI SMP NEGERI 19 PALEMBANG

PUTRI, WIDYA MARGARETA and Alfiandra, Alfiandra and Kurnisar, Kurnisar (2020) PERBANDINGAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn ANTARA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK, TALK, WRITER DENGAN RECIPROCAL TEACHING DI SMP NEGERI 19 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_87205_06051381320004.pdf] Text
RAMA_87205_06051381320004.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87205_06051381320004_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_87205_06051381320004_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87205_06051381320004_0005026703_0005037604_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_87205_06051381320004_0005026703_0005037604_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (374kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_87205_06051381320004_0005026703_0005037604_2.pdf] Text
RAMA_87205_06051381320004_0005026703_0005037604_2.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (203kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87205_06051381320004_0005026703_0005037604_03.pdf] Text
RAMA_87205_06051381320004_0005026703_0005037604_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (293kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87205_06051381320004_0005026703_0005037604_04.pdf] Text
RAMA_87205_06051381320004_0005026703_0005037604_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (378kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87205_06051381320004_0005026703_0005037604_05.pdf] Text
RAMA_87205_06051381320004_0005026703_0005037604_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (59kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87205_06051381320004_0005026703_0005037604_06_ref.pdf] Text
RAMA_87205_06051381320004_0005026703_0005037604_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (154kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87205_06051381320004_0005026703_0005037604_07_lamp.pdf] Text
RAMA_87205_06051381320004_0005026703_0005037604_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbandingan keaktifan belajar siswa antara menggunakan menggunakan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Writer dan Tipe Reciprocal Teaching pada pembelajaran PPKn di SMP N 19 Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen yang menggunakan desain quasi experimental. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII, dengan sampel penelitian kelas VIII.4 dan kelas VIII.9 yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan observasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan statistik parametris dengan uji independen sample t-test. Berdasarkan hasil analisis rata-rata persentase keaktifan belajar siswa menggunakan model Think, Talk, Writer di kelas VIII.9 yaitu sebesar 72% dengan kategori baik, sedangkan hasil rata persentase keaktifan belajar siswa menggunakan model reciprocal teaching di kelas VIII.4 sebesar 69% dengan kategori cukup baik. Kemudian hasil analisis melalui uji independent samples t-test, diperoleh sign = .000 dan α = .05 karena signifikansi.000 < .05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan keaktifan belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Talk Writer lebih tinggi dibandingkan dengan keaktifan belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran tipe Reciprocal Teaching di SMP Negeri 19 Palembang. Kata kunci : Model Pembelajaran Think, Talk, Writer (TTW), Model Pembelajaran Reciprocal Teaching, Keaktifan belajar siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Think, Talk, Writer (TTW), Model Pembelajaran Reciprocal Teaching, Keaktifan belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1)
Depositing User: Users 8383 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2020 07:39
Last Modified: 01 Oct 2020 07:39
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/36030

Actions (login required)

View Item View Item