Penerapan Teknik Story Telling dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Sekolah Dasar

Nurhayati, Nurhayati and Ratnawati, Latifah (2005) Penerapan Teknik Story Telling dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. Lingua Jurnal Bahasa dan Sastra, 7 (1). pp. 61-79. ISSN 1411-2388

[thumbnail of LINGUA_Penerapan Teknik Story Telling dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Sekolah Dasar.pdf]
Preview
Text
LINGUA_Penerapan Teknik Story Telling dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Sekolah Dasar.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas 5 A SD N 1 Inderalaya dengan menggunakan teknik story telling. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menunjukkan sebagai berikut. Pada tes awal tidak seorang pun dari 22 siswa yang memperoleh nilai 75 (0 %) sedangkan nilai rata-rata kelas 43. Path tes akhir siklus I, terdapat 8 siswa yang mendapat nilai 75 (36 %) dengan nilai rata-rata kelas 62. Pada tes akhir siklus II, terdapat 16 siswa yang mendapat nilai Z 75 (73 %) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 81. Pada tes akhir siklus 111, terdapat 19 siswa yang mendapat nilai 75 (86 %) dengan nilai rata-rata kelas 83. Jadi, kemampuan siswa berbicara meningkat melalui penerapan teknik story telling. Dengan teknik itu siswa terlihat antusias (aktif dan senang) mengikuti kegiatan pembelajaran. Bila dilihat dari ;criteria keberhasilan balk dari segi proses maupun dan segi hasil, siklus I dan 11 belum berhasil. Keberhasilan tindakan barn tercapai pada siklus Ill.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: teknik story telling, kemampuan berbicara
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education
Depositing User: Nurhayati Nurhayati
Date Deposited: 19 Oct 2020 07:20
Last Modified: 19 Oct 2020 07:20
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/36892

Actions (login required)

View Item View Item