PEMBUATAN MINUMAN FUNGSIONAL DARI BUNGA TELANG (CLITORIA TERNATEA L.) DENGAN PENAMBAHAN EKSTRAK DAUN STEVIA (STEVIA REBAUDIANA B.) SEBAGAI PEMANIS ALAMI

SARI, RIMALA AYU and Widowati, Tri Wardani and Syafutri, Merynda Indriyani (2020) PEMBUATAN MINUMAN FUNGSIONAL DARI BUNGA TELANG (CLITORIA TERNATEA L.) DENGAN PENAMBAHAN EKSTRAK DAUN STEVIA (STEVIA REBAUDIANA B.) SEBAGAI PEMANIS ALAMI. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui formulasi terbaik dari kombinasi minuman fungsional bunga telang (Clitoria ternatea L.) dengan penambahan ekstrak daun stevia (Stevia rebaudiana B.). Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap Faktorial dengan dua faktor perlakuan dan masing-masing perlakuan diulang sebanyak tiga kali. Faktor A yaitu berat bunga telang (2,5 g dan 5 g) dan faktor B ekstrak daun stevia (2,5 mL, 3,5 mL, dan 4,5 mL). Parameter yang diamati meliputi karakteristik fisik (warna L*a*b*), karakteristik kimia (total asam, kapasitas antioksidan, total antosianin dan uji organoleptik). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan berat bunga telang kering dan ekstrak daun stevia secara signifikan mempengaruhi peningkatan nilai kapasitas antioksidan dan total antosianin minuman fungsional. Perlakuan A2B3 (bunga telang 5 g : daun stevia 4,5 mL) merupakan perlakuan terbaik berdasarkan kapasitas antioksidan yaitu 91,47 % dan total antosianin yaitu 87,39 mg/L. Hasil uji hedonik menunjukkan bahwa sebagian besar panelist menyukai aroma, rasa, dan warna dari munuman fungsional dari bunga telang dan dengan penambahan ekstrak daun stevia. Nilai rerata uji hedonik adalah 3,36 (warna), 3,08 (aroma), 3,32 (rasa).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: bunga telang, ekstrak daun stevia, minuman fungsional
Subjects: ?? S539.5-542.3 ??
Divisions: ?? pro_foo_pro_41231 ??
Depositing User: Users 8924 not found.
Date Deposited: 24 Nov 2020 07:11
Last Modified: 24 Nov 2020 08:38
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/37891

Actions (login required)

View Item View Item