PENGARUH PEMBANGUNAN JEMBATAN MUSI V TERHADAP KINERJA SIMPANG DI BAWAH JEMBATAN MUSI II

UTAMI, WULAN ANGGRAINI and Agustien, Melawaty and Kadarsa, Edi (2020) PENGARUH PEMBANGUNAN JEMBATAN MUSI V TERHADAP KINERJA SIMPANG DI BAWAH JEMBATAN MUSI II. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_22201_03011181621034.pdf] Text
RAMA_22201_03011181621034.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (28MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03011181621034_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_22201_03011181621034_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03011181621034_0015087403_0203117301_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_22201_03011181621034_0015087403_0203117301_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_22201_03011181621034_0015087403_0203117301_02.pdf] Text
RAMA_22201_03011181621034_0015087403_0203117301_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03011181621034_0015087403_0203117301_03.pdf] Text
RAMA_22201_03011181621034_0015087403_0203117301_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03011181621034_0015087403_0203117301_04.pdf] Text
RAMA_22201_03011181621034_0015087403_0203117301_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03011181621034_0015087403_0203117301_05.pdf] Text
RAMA_22201_03011181621034_0015087403_0203117301_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03011181621034_0015087403_0203117301_06_ref.pdf] Text
RAMA_22201_03011181621034_0015087403_0203117301_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (435kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03011181621034_0015087403_0203117301_07_lamp.pdf] Text
RAMA_22201_03011181621034_0015087403_0203117301_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pembangunan Jembatan Musi V yang merupakan bagian dari rangkaian Jalan Tol Kayu Agung –Palembang - Betung (Kapal Betung) akan mempengaruhi kinerja simpang yang berada di bawah Jembatan Musi II. Hal ini disebabkan karena dengan beroperasinya Jembatan Musi V maka akan terjadi peningkatan arus lalu lintas pada simpang di bawah Jembatan Musi II yang merupakan salah satu akses keluar masuk Tol Kapal Betung. Dibawah jembatan Musi II juga terdapat pasar kalangan yang ada setiap Hari Rabu dan Minggu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kinerja simpang yang berada di bawah Jembatan Musi II pada kondisi eksisting dan pada saat setelah Jembatan Musi V beroperasi, disertai dengan pemilihan alternatif peningkatan kinerja simpang. Metode yang digunakan dalam pengolahan data adalah MKJI 1997, dan simulasi dengan program vissim. Hasil pengolahan data menunjukkan terjadi penurunan kinerja simpang pada kondisi eksisting dengan kondisi setelah Jembatan Musi V beroperasi, akibat adanya peningkatan volume sebesar 36% pada bagian jalinan AB (Jl. Syakyakirti – Jl. Lettu Karim Kadir) dan 44% pada bagian jalinan BC (Jl. Lettu Karim Kadir-Jl. Alamsyah Ratu Prawiranegara). Penurunan kinerja simpang ditunjukkan dari perubahan nilai derajat kejenuhan bagian jalinan AB yaitu 0,37 menjadi 0,49, bagian jalinan BC yaitu 0,58 menjadi 0,90. Setelah dilakukan alternatif peningkatan berupa perbaikan geometrik dengan pelebaran jalan, terjadi peningkatan pada kinerja simpang berdasarkan nilai derajat kejenuhan bagian jalinan AB yaitu 0,45, bagian jalinan BC yaitu 0,71. Sedangkan hasil simulasi dengan Program Vissim menunjukkan setelah beroperasinya Jembatan Musi V, bagian jalinan BC memiliki nilai tundaan terbesar yaitu 16,56 detik dengan panjang antrian 44,93 m. Setelah dilakukan peningkatan, didapatkan nilai tundaan pada bagian jalinan BC sebesar 5,51 detik dengan panjang antrian sebesar 24,90 m. Key Words : MKJI 1997, Vissim, Kinerja Simpang, Panjang Antrian, Waktu Tundaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Jembatan, Kinerja, MKJI 1997, Simpang, Vissim
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T57.6-57.97 Operations research. Systems analysis > T57.78 Transportation method
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1)
Depositing User: Users 9176 not found.
Date Deposited: 04 Dec 2020 06:49
Last Modified: 04 Dec 2020 06:49
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/38373

Actions (login required)

View Item View Item