PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN DESAIN FILA CHART DALAM PEMBELAJARAN VIRTUAL TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI SMA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI

UTAMI, KURNIA and Tibrani, Mgs Muhammad and Madang, Kodri (2020) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN DESAIN FILA CHART DALAM PEMBELAJARAN VIRTUAL TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI SMA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84205_06091181621008.pdf] Text
RAMA_84205_06091181621008.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091181621008_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84205_06091181621008_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091181621008_0012027901_0008016901_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_84205_06091181621008_0012027901_0008016901_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (921kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_84205_06091181621008_0012027901_0008016901_02.pdf] Text
RAMA_84205_06091181621008_0012027901_0008016901_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (245kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091181621008_0012027901_0008016901_03.pdf] Text
RAMA_84205_06091181621008_0012027901_0008016901_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (524kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091181621008_0012027901_0008016901_04.pdf] Text
RAMA_84205_06091181621008_0012027901_0008016901_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (445kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091181621008_0012027901_0008016901_05.pdf] Text
RAMA_84205_06091181621008_0012027901_0008016901_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (87kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091181621008_0012027901_0008016901_06_ref.pdf] Text
RAMA_84205_06091181621008_0012027901_0008016901_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (266kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091181621008_0012027901_0008016901_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84205_06091181621008_0012027901_0008016901_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan desain FILA chart dalam pembelajaran virtual terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas XI SMA pada materi sistem ekskresi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik Simple Random Sampling sehingga terpilih kelas XI IPA 6 sebagai kelas kontrol, XI IPA 7 sebagai kelas eksperimen, dan XI IPA 8 sebagai kelas plasebo dengan jumlah 36 peserta didik disetiap kelas. Penelitian dilakukan melalui pembelajaran virtual. Keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif diukur melalui tes awal dan tes akhir dengan intrumen 6 soal uraian yang telah teruji validitas dan reliabilitanya. Data dianalisis dengan menggunakan program SPSS 25, uji hipotesis menggunakan uji ANCOVA. Hasil analisis uji ANCOVA menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan desain FILA chart berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif peserta didik di SMA Negeri 1 Palembang. Selanjutnya, model Problem Based Learning (PBL) dengan desain FILA chart lebih baik dari pada model pembelajaran langsung dengan desain FILA chart dan kelas tradisional dalam meningkatkan keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning (PBL), Desain FILA chart, Pembelajaran Virtual, Keterampilan Metakognitif, Hasil Belajar Kognitif.
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84205-Biology Education (S1)
Depositing User: Users 10165 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2021 03:03
Last Modified: 21 Jan 2021 03:03
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/40745

Actions (login required)

View Item View Item