PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CRITICAL INCIDENT TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS DI SMA NEGERI 20 PALEMBANG

JANNAH, AINUN REHAN NIL and Deskoni, Deskoni and Fatimah, Siti (2021) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CRITICAL INCIDENT TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS DI SMA NEGERI 20 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_87203_06031181621074.pdf] Text
RAMA_87203_06031181621074.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (17MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87203_06031181621074_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_87203_06031181621074_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87203_06031181621074_0001017402_0020066902_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_87203_06031181621074_0001017402_0020066902_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_87203_06031181621074_0001017402_0020066902_02.pdf] Text
RAMA_87203_06031181621074_0001017402_0020066902_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (180kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87203_06031181621074_0001017402_0020066902_03.pdf] Text
RAMA_87203_06031181621074_0001017402_0020066902_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87203_06031181621074_0001017402_0020066902_04.pdf] Text
RAMA_87203_06031181621074_0001017402_0020066902_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (527kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87203_06031181621074_0001017402_0020066902_05.pdf] Text
RAMA_87203_06031181621074_0001017402_0020066902_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (82kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87203_06031181621074_0001017402_0020066902_06_ref.pdf] Text
RAMA_87203_06031181621074_0001017402_0020066902_06_ref.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (104kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87203_06031181621074_0001017402_0020066902_07_lamp.pdf] Text
RAMA_87203_06031181621074_0001017402_0020066902_07_lamp.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh strategi pembelajaran Critical Incident terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 20 Palembang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan desain Pre-Experimental Design dalam bentuk One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas X IPS SMA Negeri 20 Palembang dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPS 4 yang berjumlah 34 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan observasi. Teknik analisis data hasil belajar peserta didik diperoleh dari pre-test dan post-test. Dalam penelitian proses pembelajaran dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi google meet dan aplikasi google form pada saat tes. Analisis data observasi diperoleh dari hasil observasi pada saat penerapan strategi pembelajaran Critical Incident. Hipotesis menggunakan statistik parametis yaitu uji-t menggunakan uji t-tes sampel related diperoleh thitung > ttabel yaitu 14,49 > 1,997 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimplkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran Critical Incident terhadap hasil belajar peserta didik kelas X IPS di SMA Negeri 20 Palembang. Disarankan dalam menerapkan strategi pembelajaran Critical Incident harus membimbing peserta didik untuk menyampaikan pengalaman pribadinya yang berkaitan dengan materi pembelajaran yang akan dipelajari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Critical Incident, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87203-Economics Education (S1)
Depositing User: Users 10302 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2021 07:02
Last Modified: 29 Jan 2021 07:02
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/41356

Actions (login required)

View Item View Item