PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA SRIJAYA NEGARA PALEMBANG

RAMADANI, DESMIATI and Deskoni, Deskoni and Mardetini, Edutivia (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA SRIJAYA NEGARA PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_87203_06031381621050.pdf] Text
RAMA_87203_06031381621050.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (25MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87203_06031381621050_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_87203_06031381621050_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87203_06031381621050_0001017402_0013038305_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_87203_06031381621050_0001017402_0013038305_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (632kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_87203_06031381621050_0001017402_0013038305_02.pdf] Text
RAMA_87203_06031381621050_0001017402_0013038305_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (139kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87203_06031381621050_0001017402_0013038305_03.pdf] Text
RAMA_87203_06031381621050_0001017402_0013038305_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (276kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87203_06031381621050_0001017402_0013038305_04.pdf] Text
RAMA_87203_06031381621050_0001017402_0013038305_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (404kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87203_06031381621050_0001017402_0013038305_05.pdf] Text
RAMA_87203_06031381621050_0001017402_0013038305_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (30kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87203_06031381621050_0001017402_0013038305_06_ref.pdf] Text
RAMA_87203_06031381621050_0001017402_0013038305_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (37kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87203_06031381621050_0001017402_0013038305_07_lamp.pdf] Text
RAMA_87203_06031381621050_0001017402_0013038305_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Time Token merupakan salah satu tipe model pembelajaran kooperatif yang dapat digunakan untuk mengajak peserta didik menjadi aktif dan belajar berbicara di depan kelas, mengemukakan pendapatnya tanpa harus merasa takut dan malu. Tujuan dari penelitian ini untuk membuktikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Time Token terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Srijaya Negara Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian jenis eksperimen yang menggunakan desain Pre- Experimental Design dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS di SMA Srijaya Negara Palembang. Sampel penelitian ini menggunakan Cluster Random Sampling, dan sampel yang terpilih adalah kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 33 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi, dan proses pembelajaran menggunakan Google Meet dan Whatsapp Group. Hipotesis menggunakan statistik parametris yaitu uji-t test sampel related dan diperoleh thitung 66,62 ≥ 1,669 ttabel maka hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Time Token terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Srijaya Negara Palembang. Disarankan sebagai perbaikan proses pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan berbicara serta mampu dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dan sebagai bahan masukan dalam memilih model pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran ekonomi. Kata-kata kunci: Time Token, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Time Token, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC65-67.68 Economic aspects of education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87203-Economics Education (S1)
Depositing User: Users 10497 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2021 02:41
Last Modified: 09 Feb 2021 02:41
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/41646

Actions (login required)

View Item View Item