SK Penguji: STUDI KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PRABUMULIH DALAM MENYELESAIJKAN SOAL TIMSS PADA POKOK BAHASAN SUHU DAN KALOR

CLARANTIKA, AGMI and Apit, Fathurohman and Ismet, Ismet and Sriyanti, Ida (2018) SK Penguji: STUDI KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PRABUMULIH DALAM MENYELESAIJKAN SOAL TIMSS PADA POKOK BAHASAN SUHU DAN KALOR. FKIP, Universitas Sriwijaya. (Unpublished)

[thumbnail of 2018_Skripsi_Penguji_Agmi Clarantika.pdf]
Preview
Text
2018_Skripsi_Penguji_Agmi Clarantika.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kognitif dan skor rata-rata siswa Indonesia dalam menjawab soal TIMSS, sehingga peneliti melakukan penelitian menggunakan soal TIMSS dengan memilih materi suhu dan kalor. materi suhu dan kalor dipilih karena merupakan materi yang dipelajari di setiap jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP hingga SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan kognitif siswa SMP Negeri 2 Prabumulih pada pokok bahasan suhu dan kalor yang diukur menggunakan soal TIMSS. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu dengan cara mendeskripsikan kemampuan siswa melalui penjabaran berdasarkan hasil tes tertulis menggunakan soal TIMSS. Sehingga teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes tertulis berjumlah 15 soal TIMSS pokok bahasan suhu dan kalor. Domain kognitif TIMSS meliputi pengetahuan, penalaran dan aplikasi, dimana setiap domain kognitif terdiri dari beberapa aspek. Soal TIMSS yang digunakan dalam penelitian ini pada domain pengetahuan terdiri dari aspek mengingat, menjelaskan dan mendemonstrasikan pengetahuan dari instrumen ilmiah. domain penalaran terdiri dari aspek menganalisis, hipotesis/prediksi dan menarik kesimpulan. Pada domain aplikasi tediri dari aspek menggunakan model, menghubungkan dan menjelaskan. Hasil Penelitian menunjukkan persentase kemampuan kognitif rata-rata siswa SMP Negeri 2 Prabumulih sebesar 43%. Pada aspek kemampuan pengetahuan sebesar 56%, kemampuan penalaran sebesar 24% dan kemampuan aplikasi sebesar 49%.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
#4 Decrees > SK Menguji (Examiner)
Depositing User: Dr Ida Sriyanti, M.Si
Date Deposited: 08 Feb 2021 04:50
Last Modified: 08 Feb 2021 04:50
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/41661

Actions (login required)

View Item View Item