SK Pembimbing: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SUHU DAN KALOR DI KELAS X SMA NEGERI 3 LAHAT

Sriyanti, Ida and NUGRAHA, REDHOZAR SEPTIAN (2014) SK Pembimbing: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SUHU DAN KALOR DI KELAS X SMA NEGERI 3 LAHAT. FKIP, Universitas Sriwijaya, Indralaya. (Unpublished)

[thumbnail of 2014_Skirpsi_Pembimbing_Redhozar Septian Nugraha.pdf]
Preview
Text
2014_Skirpsi_Pembimbing_Redhozar Septian Nugraha.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan suhu dan kalor. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Lahat sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah kelas X.3 sebagai kelas kontrol dan kelas X.4 sebagai kelas eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan desain control group pre-test-post-test. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Lahat semester genap tahun ajaran 2012-2013. Untuk mengetahui hasil belajar siswa digunakan tes sebagai pengumpulan data. Data diolah kedalam bentuk distribusi frekuensi dan diagram histogram. Dari diagram histogram terlihat bahwa data yang diperoleh berbentuk simetris sehingga dapat dilakukan uji homogentitas. Data terbukti homogen, dan data pun terdistribusi normal. Sehingga untuk menguji hipotesis, data-data hasil pretest dan pretest dapat digunakan uji t-tes, didapatlah thitung sebesar 3,39 dan ttabel sebesar 2,00. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
#4 Decrees > SK Pembimbing (Supervisor)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: Dr Ida Sriyanti, M.Si
Date Deposited: 08 Feb 2021 07:26
Last Modified: 08 Feb 2021 07:26
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/41699

Actions (login required)

View Item View Item