Pembimbing: PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MODEL TUTORIAL UNTUK MATA PELAJARAN FISIKA MATERI TEORI ATOM PADA SMA KELAS XII

Sriyanti, Ida and Frengky, Frengky (2014) Pembimbing: PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MODEL TUTORIAL UNTUK MATA PELAJARAN FISIKA MATERI TEORI ATOM PADA SMA KELAS XII. FKIP, Universitas Sriwijaya. (Unpublished)

[thumbnail of 2014_Skripsi_Pembimbing_Frengky.pdf]
Preview
Text
2014_Skripsi_Pembimbing_Frengky.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif model tutorial untuk mata pelajaran fisika pokok bahasan teori atom yang valid, praktis, dan mengetahui efek potensialnya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (developement research) dengan model pengembangan Rowntree yang terdiri dari tiga tahap, yaitu : 1) tahap perencanaan; 2) tahap pengembangan; dan 3) tahap evaluasi. Pada tahap evaluasi menggunakan model evaluasi formatif Tessmer yang terdiri dari lima tahap, yaitu : (1) self evaluation; (2) expert review; (3) one-to-one evaluation; (4) small group; dan (5) field test. Pada tahap field test digunakan metode quasi eksperimen. Sampel diambil secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket, dan tes hasil belajar. Data dari lembar validasi dan angket dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan data tes hasil belajar secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan pada tahap expert review nilai presentase rerata total dari validator sebesar 86,11% dengan kategori valid, pada tahap one-to-one evaluation presentase rerata 93,83% dan pada tahap small group presentase rerata 84,25% diperoleh presentase rerata total 89,04% dengan kategori sangat praktis. Hasil tes pada tahap field test diperoleh N-gain 0,1. Nilai N-gain tersebut menunjukan bahwa efek potensial multimedia interaktif model tutorial termasuk dalam kategori rendah. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa multimedia interaktif model tutorial untuk mata pelajaran fisika pokok bahasan teori atom pada SMA kelas XII yang dikembangkan telah valid, sangat praktis dan memiliki efek potensial.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
#4 Decrees > SK Pembimbing (Supervisor)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: Dr Ida Sriyanti, M.Si
Date Deposited: 15 Feb 2021 16:36
Last Modified: 15 Feb 2021 16:36
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/41821

Actions (login required)

View Item View Item