PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI BUNYI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 19 PALEMBANG

Sriyanti, Ida (2014) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI BUNYI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 19 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Universitas Sriwijaya.

[thumbnail of 2014_Skripsi_Pembimbing_Sri Desil Suiryanti.pdf]
Preview
Text
2014_Skripsi_Pembimbing_Sri Desil Suiryanti.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning pada materi bunyi terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Palembang. Metode yang digunakan adalah Quasy Experimen, dengan desain penelitian one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII6 SMP Negeri 19 Palembang yang berjumlah 40 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berbentuk pilihan ganda untuk melihat hasil belajar siswa pada ranah kognitif. Analisa data tes menggunakan uji t pada taraf signifikan 5% dengan uji prasyarat data normal dan homogen. Dari nilai pretest dan posttest diperoleh thitung>ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan, ada pengaruh Model Problem Based Learning Pada Materi Bunyi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: Dr Ida Sriyanti, M.Si
Date Deposited: 08 Feb 2021 08:16
Last Modified: 08 Feb 2021 08:16
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/41829

Actions (login required)

View Item View Item