Penguji: PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GUIDED NOTE TAKING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBEAJARAN IPA KELAS VIII SMP NEGERI INDERALAYA

Sriyanti, Ida and BATRALING, DWI AGUSTINE A (2014) Penguji: PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GUIDED NOTE TAKING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBEAJARAN IPA KELAS VIII SMP NEGERI INDERALAYA. FKIP, Universitas Sriwijaya, Indralaya. (Unpublished)

[thumbnail of 2014_Skripsi_Penguji_Fitriyana.pdf]
Preview
Text
2014_Skripsi_Penguji_Fitriyana.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Eksperimental Design dengan rancangan penelitian One-Group Pretest-Posttest design yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa setelah penerapan strategi pembelajaran aktif tipe guided note taking pada pembelajaran IPA. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 8 kali pertemuan dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.3 SMP Negeri 1 Indralaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk aktivasi belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung, sedangkan tes digunakan untuk melihat hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, terjadi peningkatan nilai pre-test yaitu 29,46 dan rata-rata nilai post-test yaitu 71,41. Hasil belajar siswa pada setiap tahapan kognitif juga menunjukan peningkatan yang signifikan. Selain itu, aktivasi siswa juga menunjukan kategori "aktif" dengan presentase rata-rata keaktifan siswa 76,14%. Berdasarkan hasil gain ternormalisasi, keefektifan peningkagan hasil belajar seluruh siswa menunjukan kriteria "baik" dengan gain ternormalisasi "sedang".

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
#4 Decrees > SK Menguji (Examiner)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: Dr Ida Sriyanti, M.Si
Date Deposited: 08 Feb 2021 12:40
Last Modified: 08 Feb 2021 12:40
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/41832

Actions (login required)

View Item View Item