Penguji: ANALISIS KETERAMPILAN BERTANYA MAHASISWA FISIKA PESERTA PENGEMBANGAN DAN PENGEMASAN PERANGKAT PEMBELAJARAN (P4) ANGKATAN 2010 FKIP Universitas Sriwijaya

Sriyanti, Ida and ZAKIYA, HANIFAH (2014) Penguji: ANALISIS KETERAMPILAN BERTANYA MAHASISWA FISIKA PESERTA PENGEMBANGAN DAN PENGEMASAN PERANGKAT PEMBELAJARAN (P4) ANGKATAN 2010 FKIP Universitas Sriwijaya. FKIP, Universitas Sriwijaya, Indralaya. (Unpublished)

[thumbnail of 2014_Skripsi_Penguji_Hanifah Zakiyah.pdf]
Preview
Text
2014_Skripsi_Penguji_Hanifah Zakiyah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai keterampilan bertanya mahasiswa pendidikan fisika peserta P4 angkatan 2010 FKIP Universitas Sriwijaya. Penelitian ini dilakukan terhadap tujuh orang mahasiswa fisika peserta P4 angkatan 2010. Sebagai alat pengumpul data adalah rekaman video mengajar sebanyak dua kali dengan durasi masing-masing 30 menit. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kualitas pertanyaan dari pengajaran satu ke pengajaran dua. Secara keseluruhan pertanyaan yang diajukan, 67% memiliki tujuan bertanya yang sesuai, 22% diajukan dengan teknik bertanya yang benar. Kesalahan-kesalahan mahasiswa dalam teknik bertanya yaitu 58% memberi peluang siswa menjawab serentak, 46% mengulangi jawaban siswa, 36% menjawab pertanyaan sendiri dan 21% mahasiswa mengulangi pertanyaan. Berdasarkan jenis-jenis pertanyaan yang paling banyak diajukan, 60% mengajukan oertanyaan menuntun, 68% mengajukan pertanyaan dengan tingkat berfikir mengingat (C1) dan 59% pertanyaan tertutup. Ditinjau dari acuan jawaban, mahasiswa sering memberikan acuan jawaban seperti buku, charta dan mencatat materi di papan tulis yang tidak menuntun siswa untuk befikir.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
#4 Decrees > SK Menguji (Examiner)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: Dr Ida Sriyanti, M.Si
Date Deposited: 08 Feb 2021 12:46
Last Modified: 08 Feb 2021 12:46
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/41833

Actions (login required)

View Item View Item