PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PERKULIAHAN BAHASA INDONESIA KELAS MPK FKIP UNSRI PALEMBANG (Similarity)

Mulyani, Sri Rarasati (2015) PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PERKULIAHAN BAHASA INDONESIA KELAS MPK FKIP UNSRI PALEMBANG (Similarity). Universitas Sriwijaya.

[thumbnail of 6. Penerapan CTL.pdf]
Preview
Text
6. Penerapan CTL.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian dengan judul “Peningkatan Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa Semester 1 Kelas Matematika FKIP Unsri Palembang Menggunakan Pendekatan contextual teaching and learning ” ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan Pendekatan contextual teaching and learning dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia, mahasiswa semester 1prodi Matematika MPK Bahasa Indonesia kelas Palembang. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian tindakan kelas, melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan penilaian serta refleksi. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes dan lembar pengamatan. Hasil yang ditargetkan dari penelitian ini adalah: deskripsi perencanaan/silabus perkuliahan bahasa Indonesia yang dirancang menggunakan pendekatan contextual teaching and learning yang dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam perkuliahan bahasa Indonesia di MPK. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas dan motivasi mahasiswa dalam kuliah bahasa Indonesia, dan nilai yang diperoleh mahasiswa juga mengalami peningkatan. Nilai rata-rata mahasiswa mengalami peningkatan dari 66 menjadi 67, dan menjadi 81. Selain itu, mahasiswa yang mencapai KKM juga mengalami peningkatan, dari 11 orang menjadi 24 orang, dan menjadi 34 orang.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Yenni Yenni Lidyawati
Date Deposited: 08 Feb 2021 09:28
Last Modified: 08 Feb 2021 09:28
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/42215

Actions (login required)

View Item View Item