Identifikasi Telur Cacing Parasit Usus pada Ternak Sapi (Bos tau rus) dan Kambing (Capra hircus) di Kota Lubuklinggau (Peer Review)

Nofyan, Erwin and Setiawan, Arum and Syamprima, Nuraini Indah (2014) Identifikasi Telur Cacing Parasit Usus pada Ternak Sapi (Bos tau rus) dan Kambing (Capra hircus) di Kota Lubuklinggau (Peer Review). FMIPA Universitas Sriwijaya.

[thumbnail of 2.13. PEER REVIEW  Identifikasi Telur Cacing Parasit Usus.pdf]
Preview
Text
2.13. PEER REVIEW Identifikasi Telur Cacing Parasit Usus.pdf

Download (824kB) | Preview

Abstract

Identifikasi Telur Cacing Parasit Usus pada Hewan Ternak Sapi ( Bos taurus ) di Rumah Potong Hewan Jogoboyo LubukLinggau Utara II dan Kambing (Capra hircus) di Unit Usaha Peternakan Warga Padat Karya LubukLinggau Selatan II , telah dilakukan pada bulan Maret sampai Mei 2014. Pengidentifikasian telur cacing parasit usus dilakukan di Laboratorium Taksonomi Hewan Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sriwijaya.Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis telur cacing parasit usus pada tinja ternak sapi dan kambing di Rumah Potong Hewan Jogoboyo dan di Unit Usaha Peternakan Warga di Kota LubukLinggau.Pengidetifikasian telur cacing menggunakan Metode Kato- Kats. Variabel pengamatan pada penelitian ini adalah berdasarkan morfologi (bentuk, ukuran telur dan ada tidak nya operkulum) dari jenis- jenis telur cacing parasit usus yang ditemukan pada feses hewan uji. Berdasarkan pengidentifikasian yang telah dilakukan terhadap sapi dan kambing didapatkan 4`jenis telur cacing parasit usus , yaitu Ascaris sp (telur feril dan infertil), telur Strongyloides stercoralis, telur Trichuris ovis dari kelas Nematoda dan telur dari cacing Monieziea benedeni , termasuk kelas Cestoda.

Item Type: Other
Additional Information: Peer Review
Subjects:
Divisions: 08-Faculty of Mathematics and Natural Science > 46201-Biology (S1)
Depositing User: Dr Arum Setiawan
Date Deposited: 15 Feb 2021 07:37
Last Modified: 15 Feb 2021 07:37
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/42518

Actions (login required)

View Item View Item