Plagiarism_Prevalensi Nyeri Muskuloskeletal Pada Pengemudi Becak Kayuh Di Palembang

Legiran, Legiran (2020) Plagiarism_Prevalensi Nyeri Muskuloskeletal Pada Pengemudi Becak Kayuh Di Palembang. Universitas Sriwijaya. (Submitted)

[img]
Preview
Text
Turnitin Prevalensi Nyeri Muskuloskeletal Pada Pengemudi Becak Kayuh Di Palembang.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: https://jurnalkedokteranunsri.id/index.php/UnsriMe...

Abstract

Sistem muskuloskeletal adalah suatu sistem yang terdiri dari tulang, sendi, otot, tendon dan ligamen yang berfungsi sebagai penunjang bentuk tubuh dan bertanggung jawab terhadap pergerakan. Nyeri muskuloskeletal didefinisikan sebagai nyeri persisten atau berulang yang timbul sebagai bagian dari proses penyakit yang secara langsung mempengaruhi tulang, otot, sendi atau jaringan lunak terkait. Gangguan kesehatan yang dialami pekerja berdasarkan penelitian yang dilakukan pada 9.482 pekerja di 12 kabupaten/kota di Indonesia menunjukkan angka tertinggi diraih oleh gangguan muskuloskeletal (16%). Di antara berbagai jenis pekerjaan, prevalensi nyeri muskuloskeletal pada pengemudi angkutan umum di berbagai belahan dunia sangat tinggi yakni antara 53% hingga 91%. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif observasional dengan desain cross-sectional pada pengemudi becak kayuh di kecamatan Kemuning Kota Palembang. Data primer dikumpulkan melalui wawancara dan pemeriksaan klinis neurologis sederhana. Seluruh data diolah dengan menggunakan SPSS 22 for windows. Dari hasil penelitian didapatkan prevalensi usia terbanyak ialah pada usia lebih dari 51 tahun sebesar 60%, sebagian besar dengan status pekerjaan hanya bekerja sebagai pengemudi becak kayuh 74,3%. Sekitar 77,2% memiliki indeks massa tubuh yang normal. Dari penelitian ini didapatkan paling banyak keluhan nyeri muskuloskeletal di lokasi tubuh ektremitas bawah sebesar 77,1% dengan rata-rata memiliki intensitas nyeri ringan yaitu sebesar 64,7%.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 04-Faculty of Medicine > 11901-Doctor Profession (Profesi)
Depositing User: dr Legiran Legiran
Date Deposited: 10 Feb 2021 14:41
Last Modified: 10 Feb 2021 14:41
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/42552

Actions (login required)

View Item View Item