Pembimbing: Inventarisasi Herpetofauna di Kawasan Hutan PT Global Alam Lestari Kabupaten Musi Banyuasin Sumatera Selatan

KHARISMA, REFFI GITA and Setiawan, Arum and Yustian, Indra (2021) Pembimbing: Inventarisasi Herpetofauna di Kawasan Hutan PT Global Alam Lestari Kabupaten Musi Banyuasin Sumatera Selatan. Fakultas MIPA, Universitas Sriwijaya, Indralaya. (Unpublished)

[thumbnail of 43. Pembimbing Utama Skripsi Mahasiswa S-1 Biologi Reffi Gita kharisma.pdf]
Preview
Text
43. Pembimbing Utama Skripsi Mahasiswa S-1 Biologi Reffi Gita kharisma.pdf

Download (351kB) | Preview

Abstract

Herpetofauna termasuk kelompok satwa yang memiliki jenis yang beragam dan bentuk yang menarik. PT. Global Alam Lestari merupakan suatu perusahaaan yang memiliki izin usaha di hutan produksi dalam bentuk pemanfaatan penyimpanan dan penyerapan karbon Untuk itu, perlu adanya kegiatan invetarisasi untuk mengetahui kondisi dan populasi dari jenis-jenis herpetofauna yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis- jenis herpetofauna yang ada di kawasan hutan PT. GAL. dan harapkan dapat memberikan informasi ilmiah dan juga dapat di jadikan sebagai data base tentang jenis-jenis herpetofauna yang ada Penelitian ini akan dilakukan pada bulan Januari sampai dengan bulan Maret 2021. Penentuan untuk lokasi penelitian di lakukan dengan metode Purposive Random Sampling. Pemilihan lokasi berdasarkan keterwakilan habitat herpetofauna yang ada yaitu hutan terbuka, daerah lahan terbuka pakis, hutan sekunder , dan hutan primer. Metode yang di gunakan yaitu Metode Visual Encounter Survey (VES), Perangkap lem (Glue trap) dan perangkap paying (umbrella trap). Data habitat yang di ambil berupa suhu udara, PH air, substrat tempat yang di temukannya satwa, tipe vegetasi dan data fisik lainnya.. Identifikasi dilakukan dengan cara melihat ciri-ciri dari spesies yang didapat dan dokumentasi yang ada di buku identifikasi atau dapat di tanyakan langsung pada pakar herpetofauna yang ada di lapangan. Data jenis ditampilkan dalam bentuk table, kemudian dilanjutkan dengan uraian secara deskriptif sesuai dengan hasil yang di dapatkan dan membandingkan ciri-ciri morfologi spesimen dengan buku panduan serta dilengkapi dengan dokumentasi berupa foto dari setiap spesies hertpetofauna yang di temukan.

Item Type: Other
Additional Information: Pembimbing Utama Skripsi Mahasiswa S-1 Biologi Reffi Gita kharisma
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL640-669.3 Reptiles and amphibians
#4 Decrees > SK Pembimbing (Supervisor)
Divisions: 08-Faculty of Mathematics and Natural Science > 46201-Biology (S1)
Depositing User: Dr Arum Setiawan
Date Deposited: 15 Feb 2021 09:53
Last Modified: 15 Feb 2021 09:53
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/42600

Actions (login required)

View Item View Item