Pembimbing: Pengaruh Penambahan Vitamin E Dalam Pengencer Tris-Kuning Telur Terhadap Kualitas Spermatozoa Sapi Brahman Setelah Thawing

ALFAYETI, AULIADINA DWI and Setiawan, Arum and Priyanto, Langgeng (2020) Pembimbing: Pengaruh Penambahan Vitamin E Dalam Pengencer Tris-Kuning Telur Terhadap Kualitas Spermatozoa Sapi Brahman Setelah Thawing. Fakultas MIPA, Universitas Sriwijaya, Indralaya. (Unpublished)

[thumbnail of 45. Pembimbing Utama Skripsi Mahasiswa S-1 Biologi Auliadina Dwi Alfayeti.pdf]
Preview
Text
45. Pembimbing Utama Skripsi Mahasiswa S-1 Biologi Auliadina Dwi Alfayeti.pdf

Download (483kB) | Preview

Abstract

Kebutuhan daging sapi setiap tahun mengalami peningkatan, hal ini seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk, meningkatnya ekonomi masyarakat serta meningkatnya kesadaran masyarakat. Produksi daging sapi di dalam negeri masih belum dapat memenuhi permintaan daging yang tinggi. Sapi Brahman merupakan salah satu sapi potong yang digemari peternak untuk dikembangbiakkan dikarenakan pertambahan bobot sapi cepat dan mampu beradaptasi dilingkungan yang panas. Umumnya sapi brahman memiliki karakteristik reproduksi yang jelek sehingga perkawinan yang dilakukan masih banyak mengalami kegagalan. Upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan memanfaatkan bioteknologi dengan cara Inseminasi Buatan yang menghasilkan produk berupa semen beku. Proses pembuatan semen beku memiliki resiko yang tinggi menghasilkan spermatozoa dengan kualitas rendah yang disebabkan oleh peroksidasi lipid pada saat pembekuan dan pencairan kembali. Salah satu dampak yang dihasilkan adalah menyebabkan rusaknya kualitas spermatozoa yaitu berupa abnormalitas, motilitas, viabilitas dan membran plasma. Vitamin E merupakan salah satu zat antioksidan yang memiliki peran sebagai pemutus rantai radikal bebas yang berguna dalam mempertahankan kualitas spermatozoa. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pemberian vitamin E pada pengencer tris-kuning telur terhadap kualitas spermatozoa sapi Brahman berupa abnormalitas, motilitas, viabilitas dan membran plasma setelah diberi berbagai dosis vitamin E yang berbeda. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 kali pengulangan.

Item Type: Other
Additional Information: Pembimbing Utama Skripsi Mahasiswa S-1 Biologi Auliadina Dwi Alfayeti
Subjects: #4 Decrees > SK Pembimbing (Supervisor)
Divisions: 08-Faculty of Mathematics and Natural Science > 46201-Biology (S1)
Depositing User: Dr Arum Setiawan
Date Deposited: 15 Feb 2021 10:07
Last Modified: 15 Feb 2021 10:07
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/42603

Actions (login required)

View Item View Item