Pembimbing: Pengaruh Penambahan Vitamin C Dalam Pengencer Tris Kuning Telur Terhadap Kualitas Spermatozoa Sapi Brahman Setelah Thawing

DESTRIANI, SILPI and Setiawan, Arum and Priyanto, Langgeng (2020) Pembimbing: Pengaruh Penambahan Vitamin C Dalam Pengencer Tris Kuning Telur Terhadap Kualitas Spermatozoa Sapi Brahman Setelah Thawing. Fakultas MIPA, Universitas Sriwijaya, Indralaya. (Unpublished)

[thumbnail of 47. Pembimbing Utama Skripsi Mahasiswa S-1 Biologi Silpi Destriani.pdf]
Preview
Text
47. Pembimbing Utama Skripsi Mahasiswa S-1 Biologi Silpi Destriani.pdf

Download (672kB) | Preview

Abstract

Inseminasi buatan (IB) merupakan salah satu teknologi yang dapat memberikan peluang bagi pejantan unggul untuk menyebarluaskan keturunannya secara maksimal. IB ini dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah kualitas semen beku yang digunakan. Selama proses produksi semen beku, berbagai masalah sering terjadi. Masalah tersebut disebabkan salah satunya pada tahap pembekuan. Pada tahap pembekuan, spermatozoa dapat mengalami peroksidasi lipid yang dapat menurunkan kualitasnya. Adapun upaya untuk mempertahankan kualitas spermatozoa yang akan dibekukan tersebut dengan menambahkan vitamin C sebagai antioksidan kedalam pengencer Tris kuning telur. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui berapa dosis penambahan vitamin C kedalam pengencer Tris kuning telur yang dapat mempertahankan kualitas spermatozoa sapi Brahman secara optimal setelah pencairan kembali atau post thawing. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental laboratorium menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) pola searah dengan 4 kelompok perlakuan penambahan vitamin C (P0 = 0,00 g/100 ml (kontrol); P1 = 0,5 g/100 ml; P2 = 1 g/100 ml; dan P3 = 1,5 g/100 ml) pengencer dalam pengencer dasar Tris kuning telur, tiap kelompok diulang sebanyak 3 kali. Parameter yang diamati adalah viabilitas spermatozoa, motilitas spermatozoa, abnormalitas spermatozoa dan MPU (Membran plasma utuh).

Item Type: Other
Additional Information: Pembimbing Utama Skripsi Mahasiswa S-1 Biologi Silpi Destriani
Subjects: #4 Decrees > SK Pembimbing (Supervisor)
Divisions: 08-Faculty of Mathematics and Natural Science > 46201-Biology (S1)
Depositing User: Dr Arum Setiawan
Date Deposited: 15 Feb 2021 10:07
Last Modified: 15 Feb 2021 10:07
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/42604

Actions (login required)

View Item View Item