Pembimbing: Pengaruh Berbagai Konsentrasi Insektisida Profenofos Terhadap Bobot Tubuh dan Kelangsungan Hidup Cacing Tanah Pheretima javanica Gates

Adnan, Rudi Nur and Nofyan, Erwin and Setiawan, Arum (2020) Pembimbing: Pengaruh Berbagai Konsentrasi Insektisida Profenofos Terhadap Bobot Tubuh dan Kelangsungan Hidup Cacing Tanah Pheretima javanica Gates. Fakultas MIPA, Universitas Sriwijaya, Indralaya. (Unpublished)

[thumbnail of 84. Pembimbing Pembantu Skripsi Mahasiswa S-1 Biologi Rudi Nur Adnan.pdf]
Preview
Text
84. Pembimbing Pembantu Skripsi Mahasiswa S-1 Biologi Rudi Nur Adnan.pdf

Download (264kB) | Preview

Abstract

Kegiatan pertanian tidak terlepas dari ketergantungan penggunaan insektisida untuk mengendalikan serangga pengganggu tanaman yang dianggap merugikan. Salah satu jenis insektisida yang banyak digunakan yaitu insektisida profenofos dari golongan organofosfat. Meningkatnya penggunaan insektisida dapat menimbulkan dampak terhadap lingkungan dan organisme non target seperti cacing tanah. Aktivitas dan kelangsungan hidup cacing tanah dapat terganggu akibat penggunaan insektisida kimia yang bersifat toksik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh berbagai konsentrasi insektisida terhadap bobot tubuh dan kelangsungan hidup cacing tanah Pheretima javanica Gates. Rancangan percobaan yang digunakan yaitu Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan perlakuan berbagai konsentrasi insektisida profenofos. Parameter yang diamati diantaranya bobot tubuh dan kelangsungan hidup cacing tanah Pheretima javanica Gates. Data hasil pengamatan dianalisis menggunakan Analisis Varian, jika terdapat perbedaan nyata, selanjutnya dilakukan uji lanjut Duncan New Multiple Range Test pada taraf α = 5 %.

Item Type: Other
Additional Information: Pembimbing Pembantu Skripsi Mahasiswa S-1 Biologi Rudi Nur Adnan
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL360-599.82 Invertebrates
#4 Decrees > SK Pembimbing (Supervisor)
Divisions: 08-Faculty of Mathematics and Natural Science > 46201-Biology (S1)
Depositing User: Dr Arum Setiawan
Date Deposited: 15 Feb 2021 11:30
Last Modified: 15 Feb 2021 11:30
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/42609

Actions (login required)

View Item View Item