Pembimbing: Perilaku Bersuara Tarsius (Cephalopachus bancanus. bancanus) di Desa Petaling Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

KURNIAWAN, DEDEK and Yustian, Indra and Setiawan, Arum (2020) Pembimbing: Perilaku Bersuara Tarsius (Cephalopachus bancanus. bancanus) di Desa Petaling Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Fakultas MIPA, Universitas Sriwijaya, Indralaya. (Unpublished)

[thumbnail of 58. Pembimbing Pembantu Skripsi Mahasiswa S-1 Biologi Dedek Kurniawan.pdf]
Preview
Text
58. Pembimbing Pembantu Skripsi Mahasiswa S-1 Biologi Dedek Kurniawan.pdf

Download (771kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku bersuara pada Cephalopachus bancanus bancanus. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari 2020 sampai dengan Juli 2020 di Desa Petaling Kabupaten Bangka. Data yang dikumpulkan berupa rekaman suara dan perilaku saat bersuara dari Cephalopachus bancanus bancanus. Data rekaman suara dianalisis menggunakan Raven pro 1.6.1. Bioacoustic software, dan perilaku saat bersuara dijelaskan secara deksriptif. Hasil dari penelitian ini ditemukan 11 jenis suara C. bancanus bancanus yaitu Adult whistle, Juvenile whistle, Infant whistle, Infant squeak, Mother whistle, Alarm whistle, Alarm call, Agonistic scream, Cheep, Distress call, dan Hysterises, namun tidak ditemukan adanya perilaku duet call. Aktivitas puncak bersuara berada pada jam 05.00 - 06.00 WIB. Semua jenis suara dapat terdengar secara langsung (audiosonik), namun beberapa jenis suara memiliki frekuensi puncak di taraf ultrasonik (>20 kHz).’Kesimpulan dari penelitian ini terdapat 11 jenis suara C. bancanus bancanus yang dapat didengar secara langsung oleh manusia, dan puncak aktivitas bersuara berlangsung pada jam 05.00 - 06.00 WIB.

Item Type: Other
Additional Information: Pembimbing Pembantu Skripsi Mahasiswa S-1 Biologi Dedek Kurniawan
Subjects: #4 Decrees > SK Pembimbing (Supervisor)
Divisions: 08-Faculty of Mathematics and Natural Science > 46201-Biology (S1)
Depositing User: Dr Arum Setiawan
Date Deposited: 15 Feb 2021 11:57
Last Modified: 15 Feb 2021 11:57
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/42615

Actions (login required)

View Item View Item