Pembimbing: Species Prioritas Untuk Konservasi Tumbuhan di Wilayah Kerja PT. Supreme Energy Rantau Dedap Kawasan Hutan Lindung Bukit Jambul Nanti Patah Propinsi Sumatera Selatan

Pragustiandi, Guntur and Windusari, Yuanita and Dahlan, Zulkifli and Yustian, Indra and Setiawan, Arum (2020) Pembimbing: Species Prioritas Untuk Konservasi Tumbuhan di Wilayah Kerja PT. Supreme Energy Rantau Dedap Kawasan Hutan Lindung Bukit Jambul Nanti Patah Propinsi Sumatera Selatan. Fakultas MIPA, Universitas Sriwijaya. (Unpublished)

[thumbnail of 99. Penguji Tesis Mahasiswa S-2 Magister Biologi Guntur Pragustiandi.pdf]
Preview
Text
99. Penguji Tesis Mahasiswa S-2 Magister Biologi Guntur Pragustiandi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian tentang spesies prioritas untuk konservasi tumbuhan dUaksanakan di wilayah kega PT. SERD. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganahsis spesies tumbuhan, menganalisis dan membuat daftar spesies prioritastumbuhan, menentukan spesies prioritas tumbuhan yang haras dikonservasi dan menentukan spesies tumbuhan lain yang dapat dipertunbangkan untuk dikonservasi di HL BJGP. Penehtian ini dHakukan pada bulan Januari 2019-Jum 2019. Metode yang digunakan adalah purposive sampling dengan menjelajahi kawasan hutan HL BJGP dengan cara membuat jalurjelajah (trek). Jalur dibuat dengan memotong kontur bukit maupun mengikuti sisi kiri dan kanan jalan operasi serta area di sekitar tapak sumur (wellpad) milik PT. SERD. Kegiatan ekplorasi ditujukan pada daerah dengan ketinggian 1.700-2.700 mdpl sehingga data yang didapat menggambarkan perbedaan jenis tumbuhan berdasarkan ketinggian. Sampel tumbuhan di foto dan dibuat herbarium Tumbuhan yang dikoleksi diberi nomor koleksi dan dicatat data/informasi lapangannya untuk keperluan identifikasi. Anahsis data menggunakan Analisis Multi Kriteria (MCA) yang digunakan sebagai alat pengambilan keputusan dalam memilih spesies yang akan dinilai berdasarkan prioritas. MCA terdiri dari 4 tahap, yaitu(A) penyusunan prinsip, kriteria, indikator, (B) pembobotan dan penilaian, (C) input dan pembersihan data spesies, dan (D) penentuan terancam punah spesies prioritas. Berdasarkan hasil penelitian didapat 169 spesies yang tergolong kedalam 69 famili. Beberapa famili yang dominan yaitu dari Lauraceae yang terdiri 10 spesies, Myrtaceae, Orchidaceae dan Rubiaceae yang masing-masing 8 spesies, Lycopodiaceae dengan 7 spesies dan Fagaceae dengan 6 spesies. Famih tersebut merapakan famih yang dominan.

Item Type: Other
Additional Information: Penguji Tesis Mahasiswa S-2 Magister Biologi Guntur Pragustiandi
Subjects: Q Science > QK Botany > QK1-474.5 General. Including geographical distribution
#4 Decrees > SK Pembimbing (Supervisor)
Divisions: 08-Faculty of Mathematics and Natural Science > 46101-Biology (S2)
Depositing User: Dr Arum Setiawan
Date Deposited: 27 Feb 2021 01:03
Last Modified: 27 Feb 2021 01:03
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/43007

Actions (login required)

View Item View Item