Penguji: Inventarisasi dan Frekuensi Ikan Gelodok ((Gobiidae: Oxudercinae) di Perairan Sungai Sugihan Provinsi Sumatera Selatan

Pormansyah, Pormansyah and Zulkifli, Hilda and Yustian, Indra and Dahlan, Zulkifli and Setiawan, Arum and Hanafiah, Zazili (2020) Penguji: Inventarisasi dan Frekuensi Ikan Gelodok ((Gobiidae: Oxudercinae) di Perairan Sungai Sugihan Provinsi Sumatera Selatan. Fakultas MIPA, Universitas Sriwijaya. (Unpublished)

[thumbnail of 101. Penguji Tesis Mahasiswa S-2 Magister Biologi Pormansyah.pdf]
Preview
Text
101. Penguji Tesis Mahasiswa S-2 Magister Biologi Pormansyah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian uii bertujuan untuk menginventarisasi dan mendeskripsikan jenis ikan gelodok, serta menganalisis tipe habitat dan sebaran jenis ikan gelodok di perairan Sungai Sugihan. Hasil penelitian dapat memiberikan informasi terkait daftar jenis dan karakteristik jenis tkan gelodok, serta sebarannya di perairan Sungai Sugihan. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan Maret dan April 2020 bertempat di perairan Sungai Sugihan, yang secara administratif berada di Kabupaten Banyuasin dan Kabupaten dgan Komering Ilir, Provinsi Sumatera Selatan. Penenman lokasi peneUtian dilakukan setelah survey dengan menggunakan metode Purposive Sampling. Terdapat 10 titik lokasi pengamatan dan pegambilan data yang mewakili tipe habitat ikan gelodok di perairan Sungai Sugihan. Analisis data disajikan, dalam bentuk deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini ditemukan 3 jenis ikan gelodok yang hidup di perairan Stmgai SugtEan, yaitu; Periophthalmodon schlosseri, Periophthalmus gracilis, dm Periophthalmus variabilis. Berdasaitam karakter morfometri, terdapat 7 karakter pembeda dari 3 jenis tersebut, yaitu: panjang sebelum sirip perut, panjang mM to> panjang moncongj tinggi kepala, panjang sebelum sirip pmggung USma. panjang kepala, dan panjang sirip ekor, Sebaran jenis ikan gelodok di Perairan Sungai Sugihan dipengengaruhi oleh beberapa faktor antara lain tutupan vegetasi yang tidak terlalu rapat, tekstur substrat pasir: berlempung, serta ketersediaan kandungan C-organik yang tinggi dalam substrat.

Item Type: Other
Additional Information: Penguji Tesis Mahasiswa S-2 Magister Biologi Pormansyah
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
#4 Decrees > SK Menguji (Examiner)
Divisions: 08-Faculty of Mathematics and Natural Science > 46101-Biology (S2)
Depositing User: Dr Arum Setiawan
Date Deposited: 27 Feb 2021 01:09
Last Modified: 27 Feb 2021 01:09
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/43009

Actions (login required)

View Item View Item