PERANAN PERWIRA GYUGUN DALAM MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESIA DI PALEMBANG PADA MASA REVOLUSI FISIK (1945-1949) (Peer Review)

NOPANSYAH, PEDO and Sair, Alian and Wargadalem, Farida R (2018) PERANAN PERWIRA GYUGUN DALAM MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESIA DI PALEMBANG PADA MASA REVOLUSI FISIK (1945-1949) (Peer Review). Universitas Negeri Medan. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Peranan Perwira Gyugun_REVIEW.pdf

Download (103kB) | Preview
[img] Text
14. Peranan Perwira Gyugun_REVIEW.doc

Download (181kB)
Official URL: https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/criksetra/a...

Abstract

Penelitian ini berjudul Peranan Perwira Gyugun Dalam Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia di Palembang Pada Masa Revolusi Fisik (1945-1949) dengan rumusan masalah yaitu bagaimana peranan perwira Gyugun dalam mempertahankan proklamasi di Palembang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sejarah serta peranan perwira Gyugun dalam perjuangan secara militer di Palembang. Penelitian ini dilakukan mulai dari September hingga Desember 2017 di kota Palembang dan sekitarnya menggunakan metode historis dengan teknik pengumpulan data yang berasal transkip dan buku-buku atau studi literatur, hasil penelitian ini membuktikan bahwa saat Jepang menguasai Palembang dibentuklah sebuah organisasi militer Gyugun yang setelah berakhirnya pendudukan Jepang perwira Gyugun mengambil inisiatif dalam menjaga kedaulatan negara dari serangan Sekutu dan Belanda di Palembang. Para perwira Gyugun memegang andil besar dalam sejarah terbentuknya tentara dan menjadi pemimpin perjuangan para tentara tersebut pada saat terjadinya Revolusi Fisik di Palembang.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Peer Review
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87201-History Education (S1)
Depositing User: Farida WD
Date Deposited: 16 Apr 2021 06:26
Last Modified: 16 Apr 2021 06:26
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/45163

Actions (login required)

View Item View Item