KARAKTERISASI ANTENA MIKROSTRIP MENGGUNAKAN METODE PERIPHERAL SLIT PADA BIDANG PATCH UNTUK KETERARAHAN POLA RADIASI SINYAL WIRELESS FIDELITY 2,4 GHZ

Kurniasari, Puspa and Dalimunthe, Abdul Haris and Thereza, N. and Anggraini, T. D. (2019) KARAKTERISASI ANTENA MIKROSTRIP MENGGUNAKAN METODE PERIPHERAL SLIT PADA BIDANG PATCH UNTUK KETERARAHAN POLA RADIASI SINYAL WIRELESS FIDELITY 2,4 GHZ. In: Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat AVoER (Applicable Innovation of Engineering and Science Research) XI 2019, Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya Tahun 2019, 23-24 Oktober 2019, Palembang, Indonesia.

[thumbnail of Artikel_Prosiding AVoER11_Puspa dkk.pdf]
Preview
Text
Artikel_Prosiding AVoER11_Puspa dkk.pdf

Download (429kB) | Preview

Abstract

Perangkat antena menjalankan peran yang sangat penting dalam suatu sistem komunikasi. Pengiriman dan penerimaan informasi melalui sinyal berupa gelombang radio dilakukan dengan menggunakan antena sebagai media transmisi dan penerimaan sinyal dalam suatu kanal wireless. Antena dapat diimplementasikan pada teknologi Wireless Fidelity (Wi-Fi)pada frekuensi 2,4 GHz. Pembahasan pada penelitian ini yaitu mengenai pemberian karakteristik suatu antena mikrostrip sebagai perangkat media komunikasi wireless menggunakan penambahan slit atau celah pada patch antena untuk menambah level penguatan antena berdasarkan arah tertentu sehingga bentuk radiasi yang dihasilkan memiliki pola arah yang direksional. Pada penelitian ini, antena mikrostrip menggunakan peripheral slit yang disusun diatas patch berdasarkan faktor frekuensi, konstanta dielektrik dan jenis substrat. Konfigurasi slit atau celah di kedua sisi bidang patch menggunakan pengukuran panjang dan lebar slit terhadap titik pencatuan antena. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa VSWR 1,052 dan return loss -31,96 dB serta diperoleh gain yaitu 5,893 dBi dengan. Keterarahan pola radiasi untuk main lobe juga diperoleh terarah ke sudut tanpa side lobe pada penggunaan slit untuk antena mikrostrip. Dengan demikian, antena mikrostrip untuk peningkatan level sinyal sudah dapat diberikan karakteristik antena untuk dapat diimplementasikan pada layanan teknologi Wi-Fi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1-9971 Electrical engineering. Electronics. Nuclear engineering > TK1 Electrical engineering--Periodicals. Automatic control--Periodicals. Computer science--Periodicals. Information technology--Periodicals. Automatic control. Computer science. Electrical engineering. Information technology.
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 20201-Electrical Engineering (S1)
Depositing User: Puspa Kurniasari
Date Deposited: 22 Apr 2021 11:55
Last Modified: 22 Apr 2021 11:55
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/45362

Actions (login required)

View Item View Item